• Rabu, 27 Oktober 2021

Bima Arya Minta Disdukcapil Bersinergi dengan KPU dalam Pemutakhiran Data Pemilih

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 11:26 WIB
Sambutan Bima Arya diambil dari tangkapan Layar pada webinar (bogortimes.com)
Sambutan Bima Arya diambil dari tangkapan Layar pada webinar (bogortimes.com)

Bogor Times- Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kota Bogor menggelar webinar Kajian Pemilu dan Demokrasi (Kapendak) serie 3, pada Kamis 7 Oktober 2021

Webinar dengan tema "Inovasi Pelayanan Adminduk menuju pemilu yang berkualitas " Di hadiri dan di buka langsung oleh Walikota Bogor Bima Arya.

Bima Arya dalam sambutannya memberikan bebeapa arahan, terutama soal pemutakhiran data.

Baca Juga: Jokowi di Minta Ikuti KPU Soal Pemilu Serentak 2024


"Esensi dari demokrasi itu partisipasi, jadi tidak ada demokrasi tanpa partisipasi publik.
Aspek yang paling teknis dalam menentukan tingkat partisipasi politik, pemetaan pendaftaran dan penetapan data pemilih, " terangnya.


Oleh karena itu diperlukan konsolidasi data yang bersinergi antara disdukcapil dan KPU dengan melibatkan juga kordinasi yang intens dengan wilayah kecamatan, kelurahan, RW dan pihak RT.


Sehingga selain usaha meningkatkan partisipasi pemilih, memastikan juga tidak ada suara yang hilang dan ini salah satu ikhtiar maksimal untuk mengurangi potensi persoalan perselisihan.

Baca Juga: Stadion Lukas Enembe Bergemuruh Usai Jokowi Sampaikan 3 Kata Sambutan

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin mengatakan webinar ini diikuti seluruh pengurus wilayah kecamatan, kelurahan, LPM, BkM,RW, dan RT, dan turut hadir juga KPU se indonesia, Kesbangpol, Bawaslu, serta masyarakat umum.


"Semoga bisa menjadi inspirasi bagi semua, terutama administrasi kependudukan berbanding lurus dengan daftar pemilih, karena data kependudukan yang baik, valid, akurat dan berkualitas akan menopang menjadi barometer pemilu yang berkualitas khususnya dari sisi pemilih, " pungkasnnya.

Halaman:

Editor: Mochammad Nurhidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X