Selama Pandemi Covid-19, 1.852 BUMDes Merambah ke E-Commerce

- Rabu, 29 September 2021 | 18:50 WIB
Bumdes Merambah ke e-commerce Selama Pandemi (Instagram  @kemendespdtt)
Bumdes Merambah ke e-commerce Selama Pandemi (Instagram @kemendespdtt)

Bogor Times - Pandemi Covid-19 sangat terasa bagi para pedagang atau pengusaha berbasis ofline, tidak kecuali Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus memutar otak agar tetap berjalan dimasa pandemi ini.

Media sosial menjadi sarana yang tepat untuk pemasaran dikala pembatasan sosial yang tengah diterapkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19.

Kesempatan tersebut tidak di sia-siakan oleh angota Bumdes di seluruh pelosok negeri, Sebanyak 1.852 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) beralih ke e e-commerce, Ribuan BUMDes lainnya juga aktif memasarkan produk unggulannya melalui media sosial.

Abdul Halim Iskandar Sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Tranmsigrasi mengungkapkan, Bumdes yang masuk ke dunia e-commerce mengalami peningkatan, ini merupakan tanda kemajuan digital di desa - desa. Semakin banyak partisipaso generasi muda menyebabkan proses pembangunan di desa semakin melek digital.


“Selama ini seakan-akan ada kontradiksi antara digital dan desa. Padahal sekarang sudah berjalan seiring,di tandai peningkatan e-commerce di BUMDes,” Ungkap yang sering disapa Gus Mentri saat menjadi pembicara pada Jateng Digital Conference 2021 secara daring, Rabu (29/9/2021).

Abdul Halim juga mengungkapkan, banyak BUMDes yang memanfaatkan dunia digital untuk merambah pasar yang lebih luas.

Baca Juga: Umi Pipik Temui Anak dari Istri Siri Uje, Ini Alasannya..


“Misalnya di (Desa) Panggungharjo, sepuluh desa bikin kerja sama pasardesa.id. sekarang sudah miliaran omzetnya,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Gus Menteri ini mengatakan, dari total 74.961 desa di Indonesia, sebanyak 3.700 desa diantaranya masih belum mendapatkan jaringan internet. Menurutnya, pemerintah saat ini terus menggenjot agar semua desa dapat segera mendapatkan jaringan internet.

Baca Juga: Buntut Penganiayaan Terhadap Muhamad Kece, Tiga Petugas Rutan Kena Pelanggaran Disiplin

“Dana desa sangat support utamanya untuk fasilitas internet di spot spot publik, misalnya di kantor desa, balai pertemuan, pokoknya spot publik. Justru kita dorong agar disediakan jaringan internet,” ujarnya.

Penggunaan dana desa sendiri, lanjutnya, dialokasikan berdasarkan kebutuhan ril desa dengan mengacu pada SDGs Desa. Ia berharap, dana desa dapat memberikan dampak signifikan pada penurunan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia.

“Pengentasan kemiskinan ekstrem kakau ditangani tingkat mikro yakni level desa akan mudah, tidak sulit. Karena permasalahannya jelas dan bisa disentuh,” terangnya. .***

Baca Juga: Giring Tidak Kritik Lord Luhut, Ini Alasannya..

Editor: Muhammad Syahrul Mubarok

Sumber: kemendesa.go.id

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Refleksi Ramadhan, Penguatan Kode Etik Akuntan

Kamis, 20 April 2023 | 02:32 WIB

Efek Kenaikan Harga Jual, Pendapatan Tumbuh 9,9 Persen

Jumat, 11 November 2022 | 22:30 WIB

Harga Pertamax Tutun, Kini Rp 13.500

Minggu, 2 Oktober 2022 | 22:03 WIB

Indonesia Kini Pringkat ke-73 Negara Termiskin

Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:56 WIB

Inilah Alasan BSU Tidak Dapat Dicairkan

Rabu, 14 September 2022 | 06:00 WIB
X