• Rabu, 27 Oktober 2021

Joglo Makam Raden Saleh Kota Bogor di Resmikan Habib Luthfi

- Rabu, 29 September 2021 | 21:00 WIB
Habib Luthfi Resmikan Joglo Raden Saleh (Bogor Times)
Habib Luthfi Resmikan Joglo Raden Saleh (Bogor Times)

Bogor Times - Raden Saleh sosok wali sekaligus pejuang hebat di Kota Bogor, tetapi sangat di sayangkan jarang banyak yang tau sejarah dan makam nya.

Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, mengatakan ada sosok wali hebat di kota Bogor namun jarang ada yang tahu ketika membuka kanzus Shalawat Kota Bogor pada tahun 2020.

Setahun lebih Habib Luthfi kembali datang ke kota Bogor untuk meresmikan Joglo yang berada di area Makam Raden Saleh Syarif Bustaman, Rabu (29/9/2021).

Peresmian tersebut di hadiri Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, (Danrem) 061/Suryakancana, Brigjen TNI Achmad Fauzi, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro, Dandim 0606 Kota Bogor, Kol. Inf. Roby Bulan, perwakilan Danyon 14 Kopassus, Para tokoh agama dan masyarakat, di antaranya Khalifah Empang dan perwakilan Basolia Kota Bogor.

Makamtersebut berlokasi di Jalan Raden Saleh,Kelurahan Empang Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Makam Raden Saleh yang berlokasi di gang bernama Jalan Raden Saleh, di Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor ini kini dilengkapi Joglo atau bangunan tradisional masyarakat Jawa.

Habib Luthfi mngatakan ternganunanya makam Raden Saleh yang dilengkapi Joglo atau bangunan tradisional masyarakat Jawa, sebagai perwujudan ihtiar dalam rangka memelihara peninggalan sejarah.

“Terima kasih atas terbangunnya kembali makam Raden Saleh. Ini menjadi perwujudan ikhtiar kita dalam rangka menjaga dan memelihara peninggalan sekaligus saksi sejarah," kata Habib Luthfi saat meresmikan.

"Bilamana situs-situs ini tidak dipelihara dan tidak dijaga dengan baik, saya takut umat, bangsa dan generasi ini bakal 'pareumeun obor' (kehilangan riwayat asal usul atau informasi hubungan kekerabatan). Maka akan sulit, untuk itu ayo kita kembali ke tanah air kita,” katanya menambahkan.

Halaman:

Editor: Muhammad Syahrul Mubarok

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Obat Maksiat Hati dari Abah Guru Sekumpul

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:32 WIB
X