• Rabu, 27 Oktober 2021

Maulid Rasulullah SAW: Perjuangan Tanpa Lelah, Mengikuti Perintah Nya.

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 15:17 WIB
m.youtube-istoyo (m.youtube-istoyo)
m.youtube-istoyo (m.youtube-istoyo)

BogorTimes - Tidak terasa kita kembali di Bulan Rabiul Awal atau Maulid Rasululullah SAW. Bulan Maulid adalah waktu istimewa dimana selama sebulan ummat Rasulullah SAW mengekpresikan dalam bentuk penghormatan mengadakan kebiasaan adat setempat dan menunjukkan rasa kasih sayang terhadap Nabi Muhammad SAW.

Di Bulan Rabiul Awal ini atau bulan Maulid menjadi penting untuk melakukan pengkajian dan perenungan atas kelahiran baginda Nabi Muhammad SAW.

Di hari kelahiran Nabi kita akan tahu sebelum Nabi dilahirkan, saat masih belia, remaja hingga menikah dan berjuang menegakkan agama Islam.

Baca Juga: Kematian Yang Sangat Tragis Sang Mantan Santri.

Bulan Maulid adalah kesempatan membuka kembali sejarah Nabi Muhammad SAW tidak hanya sebatas seremonial, namun bagaimana mengisi hari-hari dengan penghambaan dan dedikasi semata lebih dari itu menghidupkan Ruh Islam menjadi agama yang mudah dianut kalangan beda keyakinan tanpa paksaan.

Mengapa Islam di negeri ini menjadi mayoritas, salah satu penyumbang utamanya adalah disampaikan dengan lemah lembut dan sarat dengan kasih sayang. Penduduk akhirnya berkenan untuk menjadi muslim bukan lantaran ancaman dan iming kebutuhan materi. Yang diberikan para wali dan kiai maupun ulama hingga guru langgar adalah menyentuh hati dan memberikan teladan. hal tersebut diambil dari akhlak Nabi Muhammad SAW.

Karenanya, di bulan Maulid atau Rabiul Awal ini harus menjadi perhatian bersama dan dimanfaatkan sebagai sarana mengingatkan kaum muslimin untuk terus meningkatkan Taqwa.Yang salah satu pengejawantahannya adalah menebar kasih sayang tersebut, apalagi di bulan Maulid.

Baca Juga: Nambah Koleksi Jabatan, Jokowi Mempercayakan Pimpinan Komite Kereta Cepat Bandung Jakarta Ke Luhut

Dengan demikian, momentum ini adalah saat penting untuk saling mengingatkan agar terus menjaga takwa dan berupaya menjadi muslim ideal.

Hari ini adalah waktu istimewa. Karena kita dipertemukan didalam aqidah yang sama tempat, yaitu mengharap Ridho Allah SWT. Tempat kita menengadah sekaligus menyadari kekurangan yang dimiliki dan pasrah kepadaNya. Demikian pula dengan dimensi berkah ini kita dapat dipertemukan dengan tetangga, sahabat, rekan dan saudara yang selama sepekan tidak bersua. Betapa banyak nilai yang terkadang justru tidak disadari atau malah dilupakan umat Islam

Halaman:

Editor: Imam Shodiqul Wadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Obat Maksiat Hati dari Abah Guru Sekumpul

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:32 WIB
X