• Rabu, 27 Oktober 2021

Inilah Nadhom Aqidatul Awam, Teks Arab, Indonesia dan Terjemah

- Senin, 11 Oktober 2021 | 22:54 WIB
Santri Miftahul Ulum, Cogreg, Parung, Kabupaten Bogor tengah mengaji Kitab Nuurudholam Sarh Aqidatul Awam. (Rosyka/Bogor Times)
Santri Miftahul Ulum, Cogreg, Parung, Kabupaten Bogor tengah mengaji Kitab Nuurudholam Sarh Aqidatul Awam. (Rosyka/Bogor Times)

Bogor Times- Para santri pasti mengenal kitab Aqidatul Awam

Kitab Aqidatul Awal berisi Nadhom yang merupakan salah satu kitab yang membahas tentang tauhid karya ulama besar dan waliyullah Syeikh Sayyid Ahmad Al Marzuqi Al Maliki Al Hasani.

Bacaan Aqidatul Awam sendiri sangat populer dan hampir selalu diajarkan di berbagai madrasah atau pondok di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. 

Baca Juga: Ketika Rasulullah Muhammad SAW Peringati Hari Kelahirannya, 13 Dalil Maulid Yang Penting diperhatikan

Kitab Aqidatul Awwam liriknya secara umum liriknya secara umum ilmu tauhid dan akidah sehingga berbagai sekolah diajarkan sejak dini dan wajib untuk menghafalnya.

Bahkan kini Nadhom Aqidatul awam sudah mulai dilagukan sebagai qasidah dalam acara sholawatan untuk memperkuat akidah umat Islam. 

Apa bila berbicara mengenai makna dan syarah dari Aqidatul Awam, semuanya telah beliau rincikan dalam sebuah kitab syarah yang diberi nama "Tahshil Nail al-Maram Libayani Mandhumah 'Aqidah al-'Awam".

Baca Juga: Dalil Mauludan Nabi Muhammad SAW, Abu Lahab Dapat Keringanan Azab Neraka Jahim Karena Kegembiraannya

Syair Aqidatul Awam ini sendiri diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW kepada Syeikh Ahmad Al Marzuqi Al Maliki dalam mimpinya. 

Berikut ini akan dibagikan lafadz dan teks Nadhom kitab Aqidatul Awam dalam versi tulisan Arab dan latin lengkap dengan arti dan terjemahan bahasa Indonesianya agar lebih mudah memahami makna dan isi konten dari setiap syair dan liriknya.

Halaman:

Editor: Ahmad Fauzi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Obat Maksiat Hati dari Abah Guru Sekumpul

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:32 WIB
X