• Rabu, 27 Oktober 2021

Ustadz Abdul Somad, Umur Tujuh Tahun Anak-Anak Harus Sholat. Inilah Cara Efektif Mendidiknya

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Ustadz Abdul Somad dalam Acara Kajian Bada Isya Ukhuwah islamiyyah Pulai Banyak, Aceh Singkil (Youtube Ustadz Abdul Somad Official)
Ustadz Abdul Somad dalam Acara Kajian Bada Isya Ukhuwah islamiyyah Pulai Banyak, Aceh Singkil (Youtube Ustadz Abdul Somad Official)

Bogor Times- Keyakinan umat Islam.  Sholat menjadi ibadah yang paling awal di hisab atau hitung. Karenanya, kewajibat itu dimulai sejak anak-anak.

Dalam hukum Islam, usia tujuh tahun menjadi waktu ideal untuk edukasi anak melaksanakan sholat.

Hal itu disampaikan Ustadz Abdul Shomad mengutip dari Youtube Ustadz Abdul Somad Official yang di Oplouad pada Rabu 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Jaga Pulau Sumatera dan Sholat, Suami Tidak Sholat Sama Seperti Babi Hutan

“Suruh anak kamu salat ketika mereka berumur tujuh tahun. Tujuh tahun umurnya suruh dia solat!,” tegas Ustadz Abdul Somad secara live dalam acara Kajian Ba'da Isya - "UKHUWWAH ISLAMIYAH" Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Anjuran pelaksanaan sholat pada anak usia tujuh tahun itu diikuti dengan pola didik pada anak terhadap penghapalan ayat Al Quran.

 “Kalau tujuh tahun salat itu berarti sebelum tujuh tahun sudah menghafal surat-surat pendek karena tak mungkin tujuh tahun sholat langsung,” tuturnya.

Baca Juga: Masih Biayai 6 Keluarga Korban Kecelakaan Dul. Ahmad Dani : Ini Kewajiban Kami.
Menurut Ustadz Abdul Somad, jika anak dari awal sudah dibiasakan solat dengan mengisi ayat AL Quran di setiap melakukan aktifitas. Maka, akan mempermudah mereka melakukan sholat di usia tujuh tahun.

“ Dari awal sudah dibiasakan menghafal surat-surat pendek ibu pun bila lakukan dipagi hari sambil membuat nasi goreng  baca surat Bismillahirrohmanirrohim,” ucapnya.

Peran keluarga yang membiasakan anak untuk mengenal ayat Al quran sejak kecil. Dengan penerapan praktek langsung orang tua dalam lingkungan rumah. Merupakan cara efektif.
Baca Juga: Masih Biayai 6 Keluarga Korban Kecelakaan Dul. Ahmad Dani : Ini Kewajiban Kami.
“Insyaallah anaknya hafal surat pendek. hafal dia doa iftitah allahuakbar kabiro hafal dia hafal al-fatihah dia surat pendek hafal. Dia laksanakan sholat ya subuh dzuhur Ashar Maghrib Isya,” pungkasnya.*****

Editor: Usman Azis

Sumber: Youtube Ustad Abdul Somad Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Obat Maksiat Hati dari Abah Guru Sekumpul

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:32 WIB
X