• Minggu, 2 Oktober 2022

Dokter: Gigi yang Tidak Rapi Ternyata Berdampak bagi Kesehatan Tubuh

- Kamis, 22 September 2022 | 06:14 WIB
Gigi yang Tidak Rapi Ternyata Berdampak bagi Kesehatan Tubuh (Ilustrasi gambar / pixabay)
Gigi yang Tidak Rapi Ternyata Berdampak bagi Kesehatan Tubuh (Ilustrasi gambar / pixabay)

Bogor Times- Gigi yang rapi merupakan salah satu hal yang menentukan penampilan seseorang. Tapi,  sebagian orang ada juga yang memiliki gigi tidak rapi.  Gigi yang tidak rapi ternyata tak hanya berdampak pada penampilan seseorang. Namun berdampak juga pada kesehatan tubuh. 

Menurut dokter gigi spesialis ortodonti drg. Stephanie Adelia Susanto, MM., Sp.Ort, gigi yang tidak rapi juga berdampak pada masalah kesehatan.

“Kita tidak bisa menyangkal bahwa gigi yang rapi itu memberikan estetik yang lebih baik. Namun, banyak orang yang belum tahu bahwa gigi yang rapi bukan tentang estetik saja, tapi juga tentang kesehatan,” kata dokter lulusan spesialis gigi ortodontis Universitas Gadjah Mada (UGM) itu, sebagaimana dikutip oleh Bogor times dari Pikiran-Rakyat.com

Baca Juga: Anak Keterbelakangan Mental Hilang, 8 Bulan Tidak Pulang

Dokter Adel juga menyampaikan bahwa gigi yang tidak rapi akan membuat plak gigi dan sisa makanan berkumpul di sela-sela sempit gigi yang tidak rapi tersebut.

Hal itu akan menyulitkan pembersihan plak karena sikat gigi tak bisa menjangkau sela tersebut. Jika plak bertumpuk dalam waktu lama karena tidak terjangkau sikat gigi, akan menyebabkan gigi menjadi berlubang.

“Jadi masuk akal ketika kita memiliki gigi yang berjejal itu akan lebih mudah lubang. Gigi yang tidak rapi itu sangat meningkatkan risiko terjadinya lubang gigi dan terbentuknya karang gigi, jadi jauh lebih tidak sehat,” ungkap Dokter Adel.

Selain gigi berlubang, risiko lain dari tidak rapinya gigi adalah dapat menyebabkan gigi tanggal. Dokter Adel juga memberikan contoh kasus.

Baca Juga: Obati Homoseksual dan Lesbi dari Sudut Pandangan Islam dan Kesehatan

Seseorang yang memiliki gigi taring, tumbuh dalam posisi yang salah, itu akan menyebabkan gigi taring lain bekerja dengan beban yang lebih berat.

Halaman:

Editor: Rajab Ahirullah

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Beberapa Cara Mencintai Diri Sendiri

Selasa, 20 September 2022 | 17:14 WIB

Simak Kiat Untuk Tumbuhkan Percaya Diri

Rabu, 14 September 2022 | 07:00 WIB

Tips Diet Sehat Tanpa Membahayakan Tubuh

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:18 WIB

Empat Cara Jitu Jaga Kesehatan Mental Era Pandemi

Jumat, 4 Februari 2022 | 13:00 WIB

5 Jenis Teh yang Dapat Meredakan Stres, Wajib Coba!

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:29 WIB
X