• Minggu, 17 Oktober 2021

Pemerintah Sudah Bolehkan Warga Negara Asing Masuk Ke Indonesia

- Senin, 20 September 2021 | 07:52 WIB
Foto ilustrasi Pikiran Rakyat
Foto ilustrasi Pikiran Rakyat

Bogor Times,Jakarta-Pemerintah akhirnya kembali mengijinkan warga negara asing masuk ke Indonesia.

Peraturan agar warga negara asing itu dapat menetap di Indonesia tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian Dalam Masa Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional pada Rabu (15/09/2021).

Aturan itu kemudian diteken oleh Menkumham Yasonna Laoly pada 15 September 2021.

Pemberian visa dan izin tinggal keimigrasian dalam masa penanganan penyebaran COVID-19 itu diatur dalam Permenkum HAM nomor 27 tahun 2021 dan dinyatakan sudah tidak berlaku lagi.

Baca Juga: Partai Solidaritas Indonesia Minta Gaji Anggota DPR RI Dipotong

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara mengungkapkan,Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021 memberikan izin masuk kepada orang asing pemegang visa atau izin tinggal yang sah dan berlaku.

Pada Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 sebelumnya dinyatakan bahwa orang asing pemegang visa tidak dapat memasuki wilayah Indonesia, terkecuali visa dinas dan visa diplomatik.

Sementara itu, Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021 membuka kembali akses masuk ke Indonesia bagi orang asing pemegang visa kunjungan dan visa tinggal terbatas yang masih berlaku.

Baca Juga: Irjen Napoleon Bonaparte Mengakui Bahwa Dia Yang Menganiaya M Kace

Orang-orang yang diberikan izin memasuki wilayah Indonesia meliputi orang asing pemegang izin tinggal dinas, izin tinggal terbatas, izin tinggal tetap, izin tinggal diplomatik,pemegang Kartu Perjalanan Pebisnis (KPP) APEC, awak alat angkut yang datang bersama dengan alat angkutnya, serta Pelintas Batas Tradisional.

Halaman:

Editor: Febri Daniel Manalu

Tags

Terkini

X