• Minggu, 17 Oktober 2021

Link Download Twibbon Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021

- Kamis, 30 September 2021 | 10:55 WIB
Monument Pancasila
Monument Pancasila

Bogor Times - Ada 5 link Twibbon yang bisa dipakai untuk ikut memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini untuk mengenang sejarah tragedi Gerakan 30 September 1965 (G30S) yang telah telah menewaskan beberapa perwira Angkatan Darat.

Para perwira tersebut gugur dalam serangan pemberontakan dari orang-orang yang dituding terkait Partai Komunis Indonesia (PKI). Para perwira ini lantas ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi. Mereka adalah Ahmad Yani, Soeprapto, M.T. Haryono, Siswondo Parman, D.I. Panjaitan, Sutoyo Siswodiharjo, dan ajudan Jenderal A.H. Nasution yakni Pierre Tendean.

Baca Juga: Hercules, Sang Penguasa Tanah Abang Yang Masuk Islam

Selain itu, dua pahlawan revolusi lainnya adalah Katamso dan Soegiyono yang mendapatkan ajalnya di Yogyakarta. Penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila tertuang dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat bertanggal 17 September 1966. Dalam buku Menguak Misteri Sejarah (2010) karya Asvi Warman Adam, setelah penetapan itu, Angkatan Darat akan memperingatinya. Selanjutnya, pada 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan agar Hari Kesaktian Pancasila juga diperingati oleh semua jajaran Angkatan Bersenjata.
Baca Juga: Ibnu Athaillah as-Sakandari: Sikap Yang Paling Baik Jika Keinginan Tak Dapat Diraih.
Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan yang saat itu dijabat Soeharto, lalu menetapkan pada 29 September 1966 bahwa Hari Kesaktian Pancasila harus diperingati seluruh jajaran Angkatan Bersenjata dengan melibatkan massa rakyat. Di masa Orde Baru (Orba) pada kepemimpinan Presiden Soeharto, setiap kali datang Hari Kesaktian Pancasila, akan dilakukan seremoni pengibaran bendera Merah Putih. Pada 30 September, dilakukan pengibaran bendera setengah tiang sebagai bentuk tanda duka nasional terhadap gugurnya Pahlawan Revolusi. Lalu, pada 1 Oktober, bendera kembali dinaikkan secara penuh sebagai simbol kemenangan "kesaktian Pancasila" yang mampu menghalau ancaman dari ideologi komunis.

Twibbon Hari Kesaktian Pancasila

Datangnya Hari Kesaktian Pancasila bisa ikut diperingati masyarakat dengan membuat Twibbon yang berkaitan dengan tema tersebut. Twibbon adalah sebuah template bingkai foto yang telah didesain sedemikian rupa dengan tema tertentu. Pengguna bisa memasukkan foto dirinya atau foto lain bersanding dengan tema tersebut. Twibbon kerap dipakai untuk menunjukkan dukungan pada sesuatu. Melalui Twibbon Hari Kesaktian Pancasila maka seseorang bisa menunjukkan dukungannya pada ideologi Pancasila, sekaligus menolak paham komunisme yang telah memporak-porandakan bangsa Indonesia di masa lalu. Hasil dari Twibbon dapat dipasang sebagai profil di akun media sosial. Atau, bisa juga gambar Twibbon dipakai untuk tujuan lainnya.

Berikut ini daftar 5 link Twibbon bertema Hari Kesaktian Pancasila dengan beragam desainnya:

1. https://www.twibbonize.com/kemenagharikesaktianpancasila

2. https://www.twibbonize.com/harikesaktianpancasila202i

3. https://www.twibbonize.com/hapsakbrebes2021

4. https://www.twibbonize.com/pancasiladay005

5. https://www.twibbonize.com/hapsakmzn2021


Halaman:

Editor: Ipan Ramdan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X