• Minggu, 17 Oktober 2021

Monumen Lubang Buaya Banyuwangi, Saksi Sejarah 62 Pemuda Ansor Di Bunuh oleh PKI

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 08:46 WIB
MNW NU Gp Ansor Banser memperingati persitiwa kelaam 30 September (Bogor Times)
MNW NU Gp Ansor Banser memperingati persitiwa kelaam 30 September (Bogor Times)

Bogor Times - Saat ini kita tahu bahwa Monumen Lubang Buaya di Jakarta, namun penanda peristiwa Gerakan 30 September 1956 ini ada juga selain di jakarta, tepatnya di di Desa Cemetuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.

Seperti halnya Monumen Lubang Buaya Jakarta di Banyuwangi juga terdapat patung pancasila dan relief persitiwa di bagian bawahnya, di belakang patung juga terdapat lubang tempat pembuangan mayat yang di bantai PKI.

Lubang Buaya Banyuwangi terdapat 3 lubang, sebanyak 62 Gerakan Pemuda Ansor di bunuh secara sadis oleh PKI lalu jasadnya di buang di lubang tersebut.

Di analisir dari JemberNetwork, Sekretaris MWC NU Kecamatan Cluring, Iskandar, menuturkan kisah kebiadaban PKI saat itu bermula saat GP Ansor Muncar hendak pergi ke kecamatan Kalibaru, namun tiba di Desa Yoso Mulyo Kecamatan Gambiran, Kader Fatayat menghadang rombongan ternyata itu Gerwani yang menyamar sebagai Fatayat NU. Kamis (30/09/21).

Baca Juga: September Kelabu Gusdurian Menghiasi Dinding Pesantren Ciganjur dengan Mural

"Jadi saat tiba di Karangasem, sekarang namanya Yosomulyo, rombongan pemuda Ansor ini dicegat oleh Gerwani yang menyamar sebagai fatayat. Mereka berpura-pura mempersilahkan rombongan pemuda Ansor untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan," ucap Iskandar.

Disela - sela Istirahat Kader GP Ansor disuguhi makanan dan minuman oleh Gerwani yang menyamar sebagai Fatayat, namun suguhan tersebut sudah di taburi racun terlebih dahulu, dan jebakan yang di rencanakan oleh PKI.

Tanpa Curiga Rombongan GP Ansor langsung menyantap suguhan tersebut, tidak berselah lama efek racun mulai bereaksi, kepala pusing dan perut mual yang di rasakan rombongan GP Ansor.

Baca Juga: Ikut Andil Dalam Penumpasan PKI, Banyak Warga NU juga yang di Jebloskan Ke Penjara Paska G 30 S PKI

Halaman:

Editor: Muhammad Syahrul Mubarok

Sumber: JemberNetwork.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X