• Rabu, 27 Oktober 2021

Inilah Amalan Ulama Yang Sangat Penting Diamalkan Pada Malam Jumat

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 23:10 WIB
Ilustrasi Amalan malam hari Jumat warusan ulama Nusantara (Pixabay)
Ilustrasi Amalan malam hari Jumat warusan ulama Nusantara (Pixabay)

Bogor Times- Di era saat ini. Tentunya ulama Yang menjadi panutan kita. Khususnya para ulama Nusantra.

Amalan-amalan serta aktivitas ubudiyah yang bernilai pahala tentunya harus merujuk pada manusia ditingkat Alim, yaitu ulama

Ada beberapa aktivitas ulama yang dipercaya memberikan segudang pahala dan memiliki Fadhilah luar biasa dalam kehidupan.

Baca Juga: Kawanan Gengster di Kota Bogor Kembali Telan Korban, Pelajar Inisial RMP Tewas di Tempat

Jika amalan tersebut dilakukan pada malam Jumat tersebut adalah beberapa ritual yang hingga hari ini dilakukan oleh banyak para santri di nusantara.

Apakah amalan-amalan tersebut Mari simak tulisan ini.

Hari Jumat biasa disebut juga sayyidul-ayyam atau penghulu hari. Karena itu terdapat anjuran untuk meningkatkan dan memperbanyak amal-ibadah kita. Misalnya, memperbanyak shalawat kepada baginda Rasulullah SAW, bersedekah, dan lain-lain.

Baca Juga: Bongkar Serangan Santet Dengan Kopi Hitam, Begini Caranya
 
Imam Syafi’i, pendiri madzhab Syafi’i, mengenai anjuran untuk memperbanyak membaca shalawat kepada baginda Nabi. Hal tersebut berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW. Demikian pula dianjurkan gemar membaca surat al-Kahfi pada Kamis malam atau malam Jumat, juga siangnya.
 

“Imam Syafi’i berkata: Telah mengkhabarkan kepadaku Ibrahim bin Muhammad, ia berkata telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman bin Ma’mar bahwa Nabi saw bersabda: Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat’. Beliau juga berkata: Dan telah sampai kepadaku riwayat yang mengatakan bahwa barangsiapa yang membaca surat al-Kahf maka ia dilindungi dari fitnahnya Dajjal. Selanjutnya beliau mengatakan, bahwa saya menyukai banyak membaca shalawat kepada Nabi SAW dalam setiap keadaan, sedang pada hari Jumat saya lebih menyukainya (dengan memperbanyak lagi membaca shalawat), begitu juga saya suka membaca surat al-Kahfi pada malam Jumat dan siangnya karena adanya riwayat dalam hal ini.". (Muhammad Idris asy-Syafi’i, al-Umm, Bairut-Dar al-Ma’rifah, 1393 H, juz, 1, h. 207).
 
Berangkat dari penjelasan ini, maka memang benar bahwa hukum membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat itu adalah sunnah. Sebab, terdapat riwayat yang mengatakan bahwa barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi, maka akan dilindungi dari fitnahnya Dajjal.

Baca Juga: Cerita Kopi dan Ali Bin Omar Ashadzili, Simak Ulasan Kitab 'Inaasush Shofwah bi Anfaasil Qohwah'
 
Lantas, apa hikmah yang dapat kita ambil, atau hubunganya membaca surat al-Kahfi dengan hari Jumat? Membaca surat al-Kahfi bisa melindungi kita dari fitnah Dajjal sebagaimana riwayat yang dikemukan oleh imam Syafi’i di atas.
 
Di samping itu hari Jumat merupakan hari yang luar biasa karena ada beberapa peristiwa penting terjadi pada hari Jumat, seperti diciptakannya nabi Adam AS.
 

Halaman:

Editor: Ahmad Fauzi

Tags

Terkini

Kereta RLT Jabodebek Cawang Tabrakan di Cibubur

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:55 WIB

Twibbon Hari Nasional Sumpah Pemuda, Cantik dan Indah

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Alternatif Tempat Wisata Alam Curug Cibeureum

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:56 WIB
X