• Rabu, 27 Oktober 2021

Mahasiwa Tangerang di Smackdown , INSPIRA Bogor : Tindak Tegas Oknum Polisi yang Melakukan Kekerasan

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:45 WIB
Ketua Cabang Inspira Bogor (Bogor Times)
Ketua Cabang Inspira Bogor (Bogor Times)

Bogor Times - Kekerasan yang dilakukan Oknum Polisi terhadap mahasiswa saat melakukan aksi unjuk rasa, di Kabupaten Tangerang menuai banyak kecaman.

Ketua Umum Inisiator Perjuangan Ide Rakyat (INSPIRA) Cabang Bogor, M Hafiz ikut mengecam tindakan represif oknum aparat yang membanting mahasiswa ala Smackdown tersebut Rabu (13/10/21).

Menurut Hafiz yang dilakukan oknum tersebut tidak sesuai dengan Pasal 13 Perkapolri 9/2008.

" Kan sudah jelas, ketika melakukan pengamanannya polisi harus melindungi hak asasi manusia, menghargai asas legalitas, menghargai prinsip praduga tidak bersalah dan menyelenggarakan pengamanan." Kata Hafiz.

Hafiz mengatakan dalam keadaan darurat, perlunya tindakan adanya upaya paksa dari Polri. Namun, ditentukan dalam Pasal 24 Perkapolri 9/2008 bahwa dalam menerapkan upaya paksa harus dihindari terjadinya hal-hal yang kontra produktif, misalkan polisi dilarang terpancing emosinya, seperti melakukan pengejaran, menangkap, menganiaya dan memukul, bahkan tidak boleh keluar dari formasi/barisan.

Baca Juga: Mahasiswa Dihadiahi Bantingan Smack Down di HUT Tangerang, Kapolres Bantah Terjadiya Kekerasan

"Terlebih baru baru ini, Kapolri memerintahkan kepada jajarannya untuk menyikapi penyampaian aspirasi secara humanis lewat surat telegram Kapolri dengan nomor: STR/862/IX/PAM.3./2021 tertanggal 15 September 2021." Tambah nya.

Dirinya mendesak supaya oknum polisi tersebut segera ditindak tegas, bukan hanya yang membanting mahasiswa saja, namun di video tersebut terlihat banyak mahasiswa dipukuli seperti layaknya pelaku kriminal yang tertangkap basah.

Baca Juga: Tutorial Membuat Cireng Agar Renyah dan Lezat serta Saus yang Enak

Sejumlah mahasiswa dari berbagai elemen melakukan aksi unjuk rasa damai bertepatan dengan HUT Kabupaten Tangerang ke-389, menuntut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, segera menyelesaikan polemik di Tangerang diantaranya :

Halaman:

Editor: Muhammad Syahrul Mubarok

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kereta RLT Jabodebek Cawang Tabrakan di Cibubur

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:55 WIB

Twibbon Hari Nasional Sumpah Pemuda, Cantik dan Indah

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Alternatif Tempat Wisata Alam Curug Cibeureum

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:56 WIB
X