• Minggu, 28 November 2021

Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Cilacap, BMKG : Ini Penyebabnya

- Selasa, 16 November 2021 | 14:13 WIB
Ilustrasi (Dokumentasi Bogor Times)
Ilustrasi (Dokumentasi Bogor Times)

Bogor Times - Kebakaran yang terjadi di Tangki Pertamina Kilang 36T yang berisi pertalite pada tanggal 13 November di Kelurahan Donan Cilacap Jawa Tengah, disoroti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ).

Humas BMKG melalui akun twitternya mengatakan kondisi cuaca pada saat itu sedang terjadi pertumbuhan awan pertumbuhan awan konvektif di wilayah Kab. Cilacap.

"Berdasarkan analisis dari data citra satelit & radar cuaca dpt diidentifikasi bahwa pada periode pukul 17.00 WIB hingga 21.00 WIB terdapat pertumbuhan awan konvektif dengan jenis Cumulonimbus (Cb) di wilayah Kab. Cilacap dengan suhu puncak awan mencapai kisaran -62.5 hingga -75.1 °C–,"tulis akun twitter @infoHumasBMKG.

Selain karena kondisi cuaca BMKG juga menganalisa karena kejadian sambaran petir yang terjadi dekat kilang minyak RU IV Cilacap.

Baca Juga: HNW Merasa Belum Puas Meski MA Kurangi Hukuman Habib Rizieq Shihab 2 Tahun

"Berdasarkan analisis data dari alat monitoring kelistrikan udara BMKG yang terdapat di Stasiun Geofisika Banjarnegara, pada tanggal 13 November 2021 pukul 18.00 – 19.30 WIB terdeteksi 2 (dua) event sambaran petir (jam 18.47.27 WIB dan jam 19.23.32 WIB) terdekat dengan kilang minyak RU IV Cilacap dengan jarak kurang lebih 12 km sebelah timur laut kilang Minyak RU IV Cilacap (masuk kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap),"tulisnya.

BMKG Wilayah Jawa Tengah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk berhati - hati kendati cuaca ekstrem berupa hujan intensitas sedang sampai lebat bahkan disertai kilat, petir bahkan angin kencang potensinya masih cukup tinggi di wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Komedian Narji Cagur di Kabarkan Banting Setir ke Dunia Politik

BMKG Menghimbau Kepada Masyarakat untuk :

Halaman:

Editor: Muhammad Syahrul Mubarok

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bang Billy Minta Doa Ribuan Yatim Kabupaten Bogor

Sabtu, 27 November 2021 | 13:04 WIB

Tauladan Pergaulan Nabi Muhammad SAW Dengan Agama Lain

Senin, 22 November 2021 | 13:50 WIB
X