• Minggu, 28 November 2021

Tauladan Pergaulan Nabi Muhammad SAW Dengan Agama Lain

- Senin, 22 November 2021 | 13:50 WIB
Tauladan Rosulullah Muhammad SAW dalam pergaulan antar beragama (Pixabay)
Tauladan Rosulullah Muhammad SAW dalam pergaulan antar beragama (Pixabay)

Bogor Times - perbedaan umat beragama telah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Pada zaman tersebut Nabi Muhammad SAW memiliki adab yang dikenal oleh kalangan umat Islam melalui kutipan beberapa tarikh atau sejarah yang Mansyur.

Sejarah tersebut yang dijadikan oleh para ulama Indonesia untuk mengimbau masyarakat dalam bermuamalah dan memiliki dasar dan standar dalam bergaul kepada umat selain agama Islam.

Baca Juga: Tauladan Pergaulan Nabi Muhammad SAW Dengan Agama Lain

Sejak awal muncul, Islam sudah berinteraksi dengan non-Muslim. Ketika masih bertempat tinggal di Makkah, Nabi Muhammad sudah bergaul dan berinteraksi dengan non-Muslim, baik itu yang beragama Kristen, Yahudi, Zoroaster, maupun kaum pagan itu sendiri.  

Terlebih lagi ketika Nabi hijrah ke kota Madinah, dengan masyarakat yang plural, otomatis Nabi sudah menikah dengan masyarakat yang beragama, baik secara budaya, sosial, keyakinan, suku, dan juga agama. Yastrib adalah daerah yang dikuasai oleh pelbagai agama besar. Ada Yahudi, Nasrani, Zoroaster, dan aliran kepercayaan lain.    

fasilitas dengan non-Muslim, relasional yang dibangun Nabi adalah relasional damai. Tidak ada rasa canggung dan sungkan dalam bergaul.

Baca Juga: Wakil Sekjen PB NU Pastikan Kemunduran Muktamar ke-34 Faktor Pandemi Covid-19

Perbedaan agama, tidak menjadikan Yahudi sebagai musuh. Pun perbedaan doktrin teologis, tidak otomatis Nabi memerangi kaum Yahudi Madinah.  

Muhammad Said Ramadhan Al Buthi dalam kitab Fiqh al Sirah an Nabawiyyah, memuat kisah persahabatan baik Nabi dengan Raja Kristen Negus. Seorang penguasa yang beragama Nasrani dari negeri Etiophia.

Halaman:

Editor: Ahmad Fauzi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bang Billy Minta Doa Ribuan Yatim Kabupaten Bogor

Sabtu, 27 November 2021 | 13:04 WIB

Tauladan Pergaulan Nabi Muhammad SAW Dengan Agama Lain

Senin, 22 November 2021 | 13:50 WIB
X