Survei Kepuasan Kepemimpinan Jokowi Maruf Amin Capai Angka 90 Persen

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 23:28 WIB
Survei Jokowi Maruf Amin.  (setkab.com)
Survei Jokowi Maruf Amin. (setkab.com)

Bogor Times- Klaim politik tentu sah-sah saja. Apa saja jika itu prodak survei. Seperti, hasil pengawasan kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin hampir menyentuh angka 90 persen.

Dalam survai itu diterangkan, hasil kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah tersebut bredasarkan survei yang dilakukan oleh Timur Barat Research Center (TBRC).

Survei yang dilakukan oleh TBRC itu melibatkan 1.820 responden, penetapan sampel melalui metode multistage random sampling.
Baca Juga: BPBD Mencatat Gempa Hancurkan 1.100 rumah
Direktur Eksekutif TBRC Yohanes Romeo menuturkan sampel dalam survei tersebut dilakukan dari 24 Desember 2021 sampai dengan 8 Januari 2022 kemarin.

Berdasarkan hasil survei kepuasan publik terhadap pemerintah, dilaporkan sebanyak 88,2 persen responden sangat puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi.

Dia menuturkan, hanya 9,3 persen publik yang merasa kecewa dengan pemerintah, sementara 2,5 persen responden tidak memberi penilaian.

Baca Juga: Tingkatkan Sinergitas Pergerakan, KOPRI Komisariat PMII UNUSIA Gelar Sekolah Islam Gender III

“Sebanyak 88,2 persen responden merasa sangat puas, 9,3 persen tidak puas dan kecewa, serta 2,5 persen tidak memberikan penilaian,” tutur Yohanes Romeo, Sabtu 15 Januari 2022, seperti dilaporkan Antara.

Sebelumnya, berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada akhir tahun 2021, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi mencapai 72 persen.

tujuan Publik terhadap Jokowi itu meningkat, pasalnya pada bulan Agustus 2021 mencapai 59 persen sedangkan pada November 2021 mencapai 72 persen.
Baca Juga: Demi Kembalikan Perekonomian Ditengah Pandemi , Syukri Abdullah Terus Bersama Petani NTT
Data survei kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi itu disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Dia menuturkan kepuasan tersebut meningkat terkait dengan persepsi ekonomi yang membaik serta keberhasilan dalam menangani pagebluk Covid-19.

“Dalam catatan kami, dua faktor ini, persepsi ekonomu yang terus membaik dan keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 peringkat persetujuan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi naik,” kata dia belum lama ini.***

Editor: Usman Azis

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Apa? Honda Minta Maaf Pada Pembeli HR-V

Rabu, 25 Mei 2022 | 08:38 WIB

Jasad Balita Ditemukan Tidak Bernyawa

Sabtu, 21 Mei 2022 | 23:23 WIB

Kakek Kaya Nikahi Perempuan 19 Tahun

Jumat, 20 Mei 2022 | 15:34 WIB
X