Kupas Jampe atau Mantra, Ar-Razi: “Jika Mayoritas Filsuf dan Ahli Pembuat Jimat Bisa Menyembuhkan

- Minggu, 6 November 2022 | 22:31 WIB
Ilustrasi Buku besar Imam Al Ghazali (Pixabay.com)
Ilustrasi Buku besar Imam Al Ghazali (Pixabay.com)

Bogor Times- Abu Bakar Muhammad bin Zakaria ar-Razi seorang ulama dan ilmuan terkenal yang juga dikenal sebagai Rhazes di dunia barat merupakan salah seorang pakar sains Iran yang hidup antara tahun 864 - 930.  Ulama itu dengan tegas menerangkan dalam karyanya Tafsir Al-Kabir.

“Jika mayoritas filsuf dan ahli pembuat jimat saja bisa menyembuhkan dengan bacaan-bacaan selain Al-Qur’an, maka jelas Al-Qur’an lebih manjur karena sudah mendapat legalitas teologis. Rasulullah saw sendiri telah menyampaikan, ‘Siapapun yang tidak (mencari) kesembuhan dengan Al-Qur’an, maka Allah tidak akan memberikan kesembuhan baginya.’” (Ar-Razi, Tafsir Al-Kabir, tanpa tahun: juz XXI, halaman 34)

Jimat yang dimaksud Ar-Razi termaksud juga mantra. Mantra diucapkan untuk tujuan agar dapat menolong dan mengobati orang lain yang terkena suatu penyakit dapat disembuhkan.

Literasi itu diperkuat dengan contoh – contoh jampé dan jangjawokan (Bahasa Sunda) yang diambil dari tiga buah naskah Mantra yang sudah disunting dalam sebuah penelitian yang berjudul “Magic."

Jampé Nyeri Beuteung
Peujit pabeulit
puseur pacangreud
ka luhur pindah ka jantung
salatri pindah ka cai
belekbek belegu…….
belekbek belegu……
Pada manra itu ada kata-kata Peujit pabeulit, puseur pacangreud, ka luhur pindah ka jantung, salatri pindah ka cai,  diharapkan agar ‘si sakit’ cepat sembuh dan dapat buang air besar agar rasa mulesnya segera sirna dan sembuh.  

Jampé Nyeri Beuteung
Bismillah
syahadat 3x  
mules rasa anu mokaha
ulah cicing dina kulit
ulah nyangsang dina badan
hurip ku nabi waras ku Alloh
badan si …
(sebut ngaran bari némpélkeun jempol dina beuteungna)

Rahasia pengobatan yang terungkap dalam mantra tersebut, seperti halnya mantra sakit perut sebelumnya, tampak lewat-kata-kata mules rasa anu mokaha  ulah cicing dina kulit  ulah nyangsang dina badan,  diharapkan penyakit yang masuk serta bersemayam di dalam tubuhnya cepat hilang. Media yang digunakan untuk mengobati sakit perut tersebut berupa daun cabe rawit yang sudah diulek, lalu dengan jempol ditempelkan ke perutnya  sambil menyebut nama si sakit. Andai kita simak media yang digunakan, yakni daun cabe rawit, kita paham bahwa dalam tanaman tersebut tersembunyi unsur pendingin, yang berguna untuk mendinginkan serta menyembuhkan rasa sakit, seperti halnya kita menggunakan minyak kayu putih.  Rahasi pengobatan sakit perut lainnya dengan menggunakan daun jambu batu yang direbus. Air rebusannya diminum. Konon karena daun  jambu batu tersebut rasanya pahit, sehingga dapat ‘menghambat’ buang air besar.

Jampé Nyeri Beuteung
Surat Maryam 3x
Nini lenjer weteng
aki lenjer weteng
ulah ngalenjer dina kedung suwung
rep sirep ku Pangéranna

Rahasia pengobatannya, mantra tersebut dibacakeun sambil ditiupkan kepada orang yang sakit perut tersebut. Inti dari mantra pengobatan dimaksud, adalah bahwa orang yang mengobati senantiasa meminta kepada yang Maha Pencipta agar dengan segera menyembuhkan si sakit, melalui doa Surat Maryam yang ia bacakan, disertai dengan menempelkan ramuan daun cabe rawit, minyak kayu putih, dan air sebagai pendingin perut.
Ada jampé yang pada dasarnya berkaitan dengan perut yang kembung, digunakan agar perut yang kembung segera sembuh, sebagaimana tampak berikut ini:
                      
Jampé Beunghak Beuteung
Cakakak di leuweung
injuk talina
dihakan dibeuweung
hitut jadina
plong blos plong blong….

Mantra  pada masa silam digunakan oleh para orang tua untuk mengobati beragam penyakit, karena mantra dianggap sebagai doa permohonan kepada Allah SWT, dengan harapan penyakit yang diderita ‘si sakit’ cepat sembuh. Hal ini dilakukan karena keberadaan dokter dan balai pengobatan pada masa itu tidak seperti sekarang. Dengan demikian, mantra dianggap sebagai media ‘alat’ pengobatan yang sangat penting. Pengucapan mantra pengobatan biasanya  dilakukan oleh orang tua (sendiri) atau lewat ‘dukun’ sebagai perantara. Simaklah mantra berikut ini yang digunakan untuk mengobati anak yang sakit demam atau panas, juga sakit kepala/pusing.

Jampé Ngubaran Rieut
Bismillah
Nini uju-uju aki uju-uju
ulah nuju ka nu tungtung sirah
nuju ngala kayu batu
rep sirep ku sang idu putih
nyampé waras nu nyampé di beurang ti peuting
waras ku Pangéranna
sahadat…….
 
Jangjawokan Muriang
Cakra maya sang ratu ingsun
diditakeun iman sang satu waras
waras ku kersaning Allah

Jika kita cermati, contoh jampé tersebut berfungsi sebagai mantra pengobatan, agar penyakit pusing atau demam yang diderita cepat sembuh seperti sedia kala, dengan media air putih yang dimantrai serta diminumkan kepada si sakit, tentu saja pengharapan paling utama memohon atas pertolongan yang Maha Kuasa. Khusus untuk mengobati sakit demam, rahasia pengobatannya bahwa pasien atau si sakit diharuskan berpuasa pada hari  kelahirannya selama delapan hari.
Batita biasanya sering terkena ticengklak, mungkin karena cara menggendong atau melakukan kegiatan (tidur, berbalik, atau tengkurak) ada urat yang keseleo. Bayi tampak merasakan sakit. Si bayi pun lazimnya menangis terus-menerus. Melihat tingkah bayi demikian, orang tuanya dengan sigap membawanya kepada seorang paraji atau ‘dukun’ untuk diobati. Paraji atau dukun  yang dimintai pertolongan untuk menyembuhkan ‘sang bayi’ biasanya memijat sambil membacakan mantra sebagai berikut:

Jampé Ticengklak
Raja aing raja pamunah
pamunah ti qudratulloh
pangmulangkeun asalna panyakit ti kulon
kudu balik ka kulon
asalna panyakit ti kalér
kudu balik ka kalér
asalna panyakit ti kidul
kudu balik deui ka kidul
asalna panyakit ti wétan
kudu balik deui ka wétan
asalna panyakit ti luhur
kudu balik deui ka luhur
asalna panyakit ti handap
kudu balik deui ka handap
la ilahailalloh  pasti Rosululloh
hurip hirup (ngaran nu diubaran) sebutkeun…..

Rahasia pengobatannya adalah  mantra tersebut dibacakan kemudian ditiupkan kepada anak yang sakit sambil dipijit menggunakan minyak kayu putih atau minyak kelapa, atau minyak telon. Dimaklumi, minyak kelapa maupun minyak kayu putih berguna selain untuk menghangatkan badan juga membantu melicinkan, agar bayi yang dipijat merasa nyaman dan tidak merasakan sakit. Biasanya, jika sudah dipijit, bayi tersebut merasa enak dan nyaman hingga tertidur pulas. Sebagai pengganti minyak kayu putih, selain minyak kelapa, orang tua kita zaman dahulu, menggunakan daun kayu putih, dibersihkan serta ditumbuk, ditambah sedikit air, lalu tumbukan daun kayu putih dilamsud ditempel atau diulaskan kepada bagian yang sakit sambil diurut/dipijit.
Jika orang tua zaman dahulu mendapat musibah, baik kecelakaan lalu lintas atau hanya sekedar tertoreh pisau, terkena pukulan benda tajam, atau terkena tusukan, karuhun kita biasanya mengobatinya dengan cara membacakan mantra, sambil diiringi media sebagai obat penawarnya. Seperti contoh mantra untuk mengobati luka yang tersayat bedog  atau alat lainnya, sambil membacakan mantra, luka tersayat tersebut dibersihkan dengan air lalu diolesi dengan semacam getah pohon atau minyak kelapa yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, agar kuman yang menempel hilang. Jika lukanya dianggap parah serta darah terus-menerus mengalir, maka bagian yang luka tersebut dibalut atau dibungkus dengan kain/perban, yang sebelumnya ditutup terlebih dahulu oleh jukut palias ‘sejenis rumput’ yang sudah dikunyah lalu ditempelkan kepada bagian yang luka. Setiap hari atau dua hari sekali perban tersebut dibuka untuk diolesi minyak hangat dan getah, atau rumput, agar lukanya segera sembuh.

Jampé Raheut ku Bedog
Wesi putih ti némpél ning getih putih
nimu nanah, nimu getih
urat papulang-pulang
daging nguwul
lamad panimuan deui
getih mangpet, kulit rapet
rep saré ku panyiduh putih
waras ku pangéranna.

Jampe  Ubar Potong
Bismillah
Pituang tepung pituang
lambat tepung lambat urat tepung urat
daging tepung daging kulit tepung kulit
bulukiang tepung bulukiang
rep ripeut ripeut ku sang hiduputih
waras dijampé waras nyampé
waras ti peuting waras ti bareurang
waras Pangéran
sahadat….

Jampé Raheut
Kulit tepung kulit  
urat tepung urat
 lamad tepung lamad  
tulang tepung tulang  
pet rapet ku kersaning Alloh
(sebutkeun ngurut: tulang, urat, daging, getih, kulit, bulu)
Sarat: jukut palias dicapék tuluy ditémpélkeun di tempat nu nyeri/tatu

Jampé dan jangjawokan bukan diperuntukan dalam masalah pengobatan semata, tetapi ada juga yang digunakan untuk menamai bayi yang baru lahir, jampi tujuh bulan, sesuai dengan untaian adat istiadat yang berlaku, seperti tampak dalam contoh berikut ini:

Jampé Ngaranan Orok
Bismilah
dulu mah si jabang bayi
sekarang mah si………
jalma kadeuleu jeung nu teu kadeuleu
ulah rék ngaganggu ka si jabang bayi
nya ieu dipasihan dahar saaya-ayana
daharna ti nu kaaya rasa kurang
bubur berem bubur bodas
kupat lupet tantang angin
kéjo bongkok lauk endog.

Jampé Tujuh Bulan
Bismillah
Nyi gandru nyi bungsu
nyi bangbang téga sang kuntil
di mana koro kuro
opégawé cecekelan aing
kabupatén aing tempat sia di Pakuan Pajajaran
di sambrang di Palémbang
jug indit ka sabrang ka Palémbang
sahadat…

Rahasia tatacara pengobatannya adalah setelah membacakan mantra dilanjutkan dengan membakar kemenyan, disertai pembuatan bubur beras putih dan bubur beras merah, kupat dan tantang angin, di samping tumpeng yang berisi ayam, ikan, dan telur. Sementara itu, untuk mantra tujuh bulan, ada beberapa syarat yang harus disediakan agar bayi dan ibu yang sedang menjalani tujuh bulanan tersebut selamat dan mendapat berkah sampai melahirkan.

Jampé Kabeuleum
Seuneu putih asup ka jalma daging putih
cah rasa cah keresa
sama ludja ti tuur maung entot méang
dicecep ku kolé gedé
cep tiis cep tiis
ashadu sahadat sipating Alloh
min sara man rasa
tiis ti peuting ngeunah ti beurang
rep sirep ….rep sirep.

Jampé Ku Seungseureudan
aing nyaho di asal sia,
ti tegal ti awat-awat,
ti alas peuntas,
hutang cai taur manis,
hutang jarum tong dibayar.

Rahasia pengobatan untuk menyembuhkan bagian yang kabeuleum ‘terbakar’, selain membacakan mantra, seraya luka yang terbakar tersebut ditetesi dengan pohon kolé gedé ‘semacam tanaman air’ agar bagian yang terbakar tersebut terasa dingin, seperti yang terungkap lewat kata-kata dicecep ku kolé gedé, cep tiis cep tiis agar badan terasa dingin serta terasa nyaman, dalam pengertian rasa panas akibat terbakar tersebut seakan berhenti. Sementara itu,  untuk mengobati disengat tawon adalah sambil membacakan mantra tersebut, bagian yang tersengat diolesi dengan gula merah, seperti yang tersirat dalam larik hutang cai taur manis. Dengan demikian, diharapkan bagian yang tersengat itu menjadi dingin, tidak membengkak dan sembuh.
Mantra Pengobatan tidak hanya digunakan oleh kaum wanita, tetapi ada beberapa mantra yang juga digunakan, baik oleh kaum wanita maupun kaum pria. Salah satu jampé yang dibacakan berfungsi untuk mengobati orang yang kena guna-guna, yang dalam masyarakat Sunda dikenal dengan teluh/tenung. Jampi pengobatan yang dibacakan digunakan agar guna-guna yang disampaikan orang lain yang merasa iri dan dengki kepada kita dapat dimusnahkan, sementara orang yang diguna-gunai tersebut dapat sembuh seperti sedia kala. Jampé Penjaga Teluh  ini pun dapat digunakan sebagai singlar ‘melindungi & menjaga’ diri dari guna-guna yang ditujukan kepada kita. Jampi Penjaga Teluh kalau dilihat dari kata-kata dan tujuannya, ada yang memasukkannya ke dalam mantra hitam (black magic), namun sebenarnya tidak ada pembatas yang jelas antara mantra putih dan mantra hitam itu sendiri, jadi dalam pelaksanaannya, baik mantra putih maupun mantra hitam tergantung kepada tujuan yang ingin dicapainya, sebagaimana tampak pada contoh berikut ini:

Jampé Panjaga Teluh
Sang Ratu ilep-ilep
Kabuyutan teluh tengah lautan
Ratu bangbang kalangbapang
Kabuyutan teluh pulau Jawa
Sang ratu samur putih
Ulah saguna-gunana
Aing nyaho di ratu sia
Sang ratu géréléng hérang
Di alas peuntas
Les leungit tanpa lebih
les ilang tanpa karana   
hirup ku Gusti
waras ku Alloh
hurip waras
ku kersa Alloh
ya hualloh 3x.

Modal utama para penghayat mantra menekuni mantra dan lebih jauhnya merasakan manfaat mantra adalah adanya keyakinan; keyakinan akan adanya kekuatan gaib yang dihasilkan di luar kemampuan manusia. Mereka menyandarkan diri sepenuhnya kepada kekuasaan Allah SWT. Sikap merasa bahwa manusia tidak mempunyai kekuatan apa-apa menjadi dorongan yang dominan bagi usaha pemakaian mantra secara mantap. Dengan demikian, kesiapan jiwa dan raga dicurahkan secara optimal demi tercapainya suatu tujuan. Kalaupun gagal, manusia menyadari bahwa itu semua berpangkal dari kehendak yang Maha Kuasa dan berintrospeksi diri bahwa kekurangannyalah yang membuahkan ketidakberhasilan suatu tujuan.
Adapun penyertaaan nama-nama nenek moyang di samping Allah SWT, Muhammad SAW, dan nama-nama lainnya ditujukan sebagai penghormatan. Sehingga dengan penyebutan nama-nama nenek moyangnya manusia terpanggil lebih dapat menghargai peninggalan berharganya, salah satunya adalah mantra. Ketentraman hati pun tercipta manakala dirasakan adanya suasana keakraban non fisik dengan leluhurnya. Hal ini merupakan kondisi yang menguntungkan bagi terciptanya konsentrasi penuh, memohon kepada Allah agar mengabulkan permintaannya. Tentang syarat-syarat yang harus diperhatikan, baik keharusan atau larangan merupakan alat pengsugesti atau penguji. Seseorang yang berminat penuh terhadap mantra dan siap menjalankan apa yang disyaratkan untuk menghindari hal-hal yang dilarang, sudah membuktikan bahwa pada tahap awal ia telah berhasil menciptakan kekuatannya sendiri; segenap jiwa dan raganya dicurahkan demi mencapai hasil yang memuaskan.
Sejalan dengan kenyataan dari kaum penghayat mantra terhadap adanya kekuatan mantra yang dapat merealisasikan maksud yang hendak dicapainya, tentunya menarik sekali apabila dilakukan penelaahan secara tekstual terhadap mantra, untuk menemukan rambu-rambu yang mensinyalkan adanya  kekuatan yang ditimbulkan dari pembacaan mantra  oleh masyarakat penghayat mantra tersebut.  Salah satu contoh yang mensinyalkan adanya kekuatan mantra berdasarkan persepsi yang diarahkan kepada kemampuan si pengguna mantra untuk memusatkan segenap indra dan hatinya sebagaimana tampak dalam contoh-contoh mantra pengobatan. Namun, dalam mantra jampé pengobatan apabila kita cermati ada beberapa jampé yang  mengarah kepada hal-hal yang dianggap black magic.

Dari uraian diatas perlu diketahui bahwa semua perbuatan magis yang penting meliputi ritus, mantra, kondisi pelaku, tradisi magis, dan faktor keyakinan. Unsur keyakinan mengikat segenap perbuatan magis dan paling menentukan berhasil atau tidak.

 Pada prinsipnya, kekuatan otoritas tunggal untuk penyembuhan hingga penyakit adalah milik tuhan.****

Cc. Andre

Editor: Usman Azis

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

5 Doa Pilihan yang Cocok Dibaca Selama Ramadhan

Sabtu, 6 April 2024 | 06:00 WIB

Gudang Peluru Meledak, Musibah Atau Rekayasa?

Sabtu, 30 Maret 2024 | 23:41 WIB

Berani, Pengusaha Ilegal Tantang Camat Cariu

Sabtu, 30 Maret 2024 | 06:00 WIB
X