• Selasa, 29 November 2022

Pristiwa Gempa Cianjur: 62 Orang Dikabarakan Meninggal Dunia

- Senin, 21 November 2022 | 20:45 WIB
Ilustrasi bangunan rusak akibat gempa bumi, simak cara menyelamatkan diri jika terjadi bencana tersebut. / (Sumber gambar/Pixabay)
Ilustrasi bangunan rusak akibat gempa bumi, simak cara menyelamatkan diri jika terjadi bencana tersebut. / (Sumber gambar/Pixabay)

Bogor Times-Kabarduka kembali tersiar.  Gempa dengan kekuatan M5,6 yang berpusat di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat menimbulkan korban jiwa. Data terakhir Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pada Senin 21 November 2022, pukul 19.34 WIB mencatat 62 orang meninggal dunia.

Dalam keterangan tertulisnya, Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB memaparkan, warga meninggal tersebar di Desa Rancagoong di Kecamatan Cilau, Desa Limbagansari di Kecamatan Cianjur, dan Kecamatan Cugenang.

Selain itu, 25 orang tercatat masih tertimbun runtuhan bangunan di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang. 79 orang lainnya luka-luka. Warga mengungsi dilaporkan sebanyak 5.389 orang yang tersebar di beberapa titik.

Baca Juga: Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi, Jangan Panik

Sementara untuk kerusakan infrastruktur, di Kabupaten Cianjur sendiri tercatat sebanyak 2.272 rumah rusak, 1 unit pondok pesantren rusak berat, 1 RSUD Cianjur rusak ringan, 4 unit gedung pemerintah rusak, 3 unit sarana pendidikan rusak, 1 unit sarana ibadah rusak.

"Gempa juga menyebabkan longsor yang menutup jalan lintas provinsi di Kabupaten Cianjur,"katanya.

Selain di Kabupaten Cianjur, kerusakan infrastruktur juga tercatat di Kabupaten Bogor sebanyak 46 rumah rusak, Kabupaten Sukabumi 443 rumah rusak, dan di Kota Sukabumi sebanyak 14 unit rumah rusak.

Baca Juga: Prof Haedar dan Prof Mu'ti Kembali Pimpin Muhammadiyah, PBNU: Selamat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat masih terus melakukan pendataan terkait jumlah korban jiwa dan kerusakan infrastruktur.

Sementara untuk kebutuhan mendesak di lapangan yaitu 20 unit tenda, alat berat untuk evakuasi, 10 unit penerangan, 100 unit velbed, dan bahan bakar minyak.
Baca Juga: Korban Gempa hingga Pasien yang Dievakuasi dari Gedung RSUD Sayang Cianjur Membludak di Area Halaman

Halaman:

Editor: Imam Shodiqul Wadi

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Tata Cara Shalat Jenazah Ghaib

Senin, 21 November 2022 | 22:10 WIB

1912 Unit Rumah Rusak, 3895 Warga Mengungsi

Senin, 21 November 2022 | 21:02 WIB
X