• Minggu, 28 November 2021

Pondok Pesantren Khoerul Huda Sukamakmur Bogor, Pertahankan Metode Klasik Ditengah Era Modern

- Senin, 22 November 2021 | 15:50 WIB
Ponpes Khoerul Huda (Dokumentasi Bogor Times)
Ponpes Khoerul Huda (Dokumentasi Bogor Times)

Bogor Times - Menuntut ilmu adalah suatu kebutuhan bagi setiap manusia bahkan dalam ajaran agama Islam hukumnya wajib.

Era modern ini menuntut ilmu baik ilmu umum maupun ilmu agama tidaklah sulit di kampung ataupun di perkotaan, bahkan tidak sedikit pondok pesantren yang membuka sekolah umum di lokasi pesantren nya, agar seimbang antara ilmu umum dan ilmu agama.

Seperti halnya Pondok Pesantren (ponpes) Khoerul Huda, yang terletak di Kp Surupan Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor ini menyediakan Sekolah Umum dari mulai Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), guna menyeimbangkan Ilmu agama dan ilmu umum.Senin (22/11/2021).

Ponpes Khoerul Huda yang di pimpin oleh KH.Ahmad Haris,S.PdI ini masih memakai metode salafiah dengan mengaji kitab - kitab klasik atau kitab kuning, dari mulai Fiqih,Tauhid,Alat,Shorof,Nahwu Dan lain - lain.

Salah satu pengurus ponpes Zulfikar mengatakan, santri yang mengaji di Ponpes Khoerul Huda berasal dari warga sekitar bahkan dari luar Kabupaten Bogor.

"Santri yang ngaji disini umumnya dari warga sekitar yaitu Desa Cibadak tapi ada juga dari luar desa bahkan diluar Kabupaten Bogor",ujar Zulfikar kepada wartawan Bogor Times.

Santriawan dan Santriawati sedang mengaji (Dokumentasi Bogor Times)

Baca Juga: Mau Poligami 4 Istri ? Simak Penjelasanya

Zulfikar menambahkan di ponpes Khoerul Huda Santriwan/santriwati tidak semuanya menetap mondok di pesantren, terlebih bagi warga sekitar ada yang hanya mengaji setelah mengaji terus pulang ke rumahnya atau di sebut dengan santri kalong.

"Para santriwan/santriwati ini ada yang menetap dan ada yang tidak, bagi warga sekitar diperbolehkan untuk mengikuti mengaji saja terus mereka pulang kerumahnya masing - masing, yang terpenting mengikuti jadwal pembelajaran yang ada di pesantren,"ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Syahrul Mubarok

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tidak Ada Kata Terlambat Menuntut Ilmu Agama.

Senin, 25 Oktober 2021 | 03:12 WIB

Twibbon Cantik Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW

Selasa, 19 Oktober 2021 | 13:48 WIB

Tinta Emas Sejarah Perjuangan Ulama Bogor Barat

Selasa, 21 September 2021 | 16:42 WIB

Bahaya! Jangan Terlalu Sering Menahan Kencing

Selasa, 21 September 2021 | 11:42 WIB

Minum Jus Nanas Cara Jitu Sembuhkan Diabetes

Senin, 20 September 2021 | 13:21 WIB
X