Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Beri Salam Perpisahan

- Senin, 12 September 2022 | 22:23 WIB
Ilustrasi Perkuliahan Mahasiswa (Pixabay.com)
Ilustrasi Perkuliahan Mahasiswa (Pixabay.com)

Bogor Times- Lembaga  Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengucapkan salam perpisahan pada calon mahasiswa Indonesia, tepat di hari Minggu, 11 September 2022 sekitar pukul 18.54 WIB.

“Tugas LTMPT untuk mengantar calon mahasiswa Indonesia memilih prodi dan PTN sejak tahun 2018 telah selesai. Mohon maaf bila ada kekurangan dalam pelaksanaan seleksi selama ini. Semoga sukses Calon Mahasiswa Indonesia,” tulis LTMPT, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter resminya @ltmptofficial.

Seketika, akun LTMPT pun langsung dibanjiri ucapan terima kasih dari masyarakat jagat maya atas dedikasi sang lembaga yang sudah membersamai perjalanan mahasiswa hingga 4 tahun lamanya.


“Thanks LTMPT. Udh puyeng mikirin ribuan calon mahasiswa,” tulis akun @_aurelliavan.

“Terima kasih banyak sudah menemani perjalanan per-ptn-an saya. Ini pengalaman yang sanga berharga,” kata pemilik akun @iampillinggut.

“Terimakasih banyak ltmpt!! Makasiii tahun terakhir tugas ltmpt kasih semangat dan selamat, makasih udah dikasih kesempatan dapet selamat!!!” tulis akun bernama @ksoomasky.

Di hari yang sama, pihak LTMPT juga mengunggah dokumen pemberitahuan perihal pelaksanaan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi tahun 2023.


Berdasarkan unggahan tersebut, LTMPT diketahui tidak akan lagi menjadi penyelenggara proses seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun berikutnya.
Hal ini turut dipertegas dalam Pasal 20 Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022, bahwa seleksi nasional penerimaan baru kini akan diselenggarakan oleh pihak Kementerian yang bekerja sama dengan PTN.

Meskipun demikian, segala urusan terkait persiapan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2023 kini akan berada di bawah koordinasi lembaga baru bernama Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).


Pada unggahan terbarunya itu, LTMPT juga memberitahukan informasi terkini jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023 mendatang.

Terdapat 3 jalur seleksi masuk perguruan tinggi tahun 2023, yaitu:

    Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi.
    Seleksi Nasional berdasarkan Tes.
    Seleksi secara Mandiri oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Untuk mekanisme jalur seleksi 1 dan 2, LTMPT mengatakan akan dikoordinasikan langsung oleh UPT Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan. (Tini Fitriyani)***

Editor: Rajab Ahirullah

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Sejarah Hari Guru Nasional

Jumat, 25 November 2022 | 19:05 WIB

Manfaat Bermain Air, Simak Penjelasannya

Senin, 24 Oktober 2022 | 20:54 WIB

KKN INAIS Ubah Jangkrik Jadi Peyek Lezat

Senin, 26 September 2022 | 09:15 WIB

Adu Mulut di Medsos, Satu Siswa Tewas dalam Tauran

Kamis, 15 September 2022 | 11:48 WIB

Terampil Bahasa Turki Tanpa Les, Inilah Caranya

Senin, 12 September 2022 | 05:43 WIB
X