Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Indocement Bagi-bagi Puluhan Drop Box Sampah

- Selasa, 7 Juni 2022 | 21:33 WIB
Penyerahan simbolis drop Box pada warga.  (Dokumentasi Humas Indocement)
Penyerahan simbolis drop Box pada warga. (Dokumentasi Humas Indocement)

Bogor Times - Ikut serta memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2022. PT Indocement Tunggal Prakarsa tbk (Indocement) gelar giat sosial edukatif dengan tema Only One Earth

Dalam kegiatan itu, Indocement mengedukasi masyarakat dalam pengelolaan sampah anorganik melalui pembagian enam puluh drop box.

Keguatan edukasi mengangkat tema 'Sedekah Sampah dan Pintar Kelola Sampah' ini untuk Kampung Ramah Lingkungan (KRL) dan Sekolah Adiwiyata desa mitra yang berprestasi.

Baca Juga: Peringati Hari Bumi, Direksi dan Karyawan Indocement Tanah Pohon

Fungsi Drop box merupakan media pembelajaran bagi masyarakat untuk memilah sampah rumah tangga terutama sampah plastik yang dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat.

Pembagian drop box sampah untuk KRL dan Sekolah Adiwiyata desa mitra dilakukan secara simbolis di KRL desa mitra, yaitu KRL Zalak, RW 11, Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Selain mempersembahkan drop box sampah juga dilakukan kegiatan penanaman pohon yang terdiri dari pohon mangga, klengkeng, rambutan, jeruk, dan jambu kristal di lingkungan KRL Zalak secara serentak oleh perwakilan warga, Indocement, serta pemerintah desa setempat.

Baca Juga: 27 Ton Beras Zakat Indocement Disebar ke Faqir Miskin
Dalam sambutannya, Manajer Divisi CSRC Indocement, Gadang Wardono menyatakan bahwa ia optimis dengan adanya edukasi pemilahan sampah melalui pemberian drop box sampah dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya melakukan pemilahan sampah dari rumah.

"Segenap masyarakat perlu menyadari bahwa kegiatan pemilahan sampah yang dilakukan di rumah dapat mengurangi beban pemilahan sampah di tempat pembuangan akhir sampah yang membutuhkan biaya lebih tinggi dan waktu yang lama," ucap dia.

Tidak hanya itu, sampah organik dan anorganik yang terpilah sebenarnya memiliki nilai tambah.

Baca Juga: Indocement Kembali Boyong Penghargaan Top CSR Awards 2022
"Contohnya adalah dengan mengubah sampah organik menjadi pupuk kompos dan penyimpanan sampah anorganik seperti plastik di bank sampah," menambahkan.

Kegiatan memperinganti Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga dilaksanakan di kompleks pabrik lainnya, di Cirebon, Indocement melakukan penanaman 500 pohon dari berbagai jenis di area kolam konservasi, Kompleks Pabrik Cirebon sedangkan di Tarjun, Indocement melakukan gerakan serempak pemilahan sampah rumah tangga di desa mitra.

"Masyarakat desa mitra bisa menukarkan sampahnya dengan suvenir dari Indocement, sampah yang terkumpul tersebut dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif," ujarnya.

Baca Juga: Wah! Tahun 2021 Indocement Tunggal Prakarsa Raih Pendapatan Rp 14,77 Triliun
Lebih lanjut berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan positif untuk melestarikan alam dan planet bumi.***

Editor: Usman Azis

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Inilah Sejarah Tahun Baru Islam

Selasa, 25 Juni 2024 | 07:00 WIB

Terpopuler

X