Sandiaga Uno Dorong Milenial Untuk Ambil Peluang Lewat Metaverse

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:27 WIB

Bogor Times- Di era Metaverse tentunya generasi muda dituntut untuk bisa dan mampu ambil posisi strategis dalam pengembangan diri.

Motivasi itu disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengikuti diskusi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Di hadapan para pemuda, Sandiaga Uno meminta generasi milenial dan Z untuk bisa meningkatkan kompetisi di era Metaverse.
Baca Juga: Jokowi Dipermainkan Anak Buah, Oligarki Disebut Hitung Ucapan Presiden
Menurutnya, Metaverse penuh dengan peluang baru dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dengan memanfaatkan peluang itu, para pengusaha dapat meraih banyak keuntungan.

"Melalui Metaverse, pengusaha dapat membuka peluang tanpa batas untuk meraih banyak keuntungan dengan cara yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan," kata Sandiaga Uno.
Baca Juga: Demi Kembalikan Perekonomian Ditengah Pandemi , Syukri Abdullah Terus Bersama Petani NTT
Sebagaimana diketahui, Metaverse merupakan sebuah dunia virtual yang memungkinkan para penggunanya berbelanja, berkegiatan, berdagang, belajar, rekreasi hingga bersosialisasi melalui realitas virtual.

Untuk itu, ranah digital, desain, gim, dinilai memiliki peluang besar untuk mendapatkan banyak hal di era Metaverse ini.

Sandiaga Uno menilai, era Metaverse bisa menjadi wadah dan peluang bagi percepatan ekonomi, mengingat sumber daya manusia di Indonesia didominasi usia-usia produktif.
Baca Juga: TKSK Kecamatan Parung Hapus Nama-nama Oknum Prajurit TNI Zeni Nubika dari Penerima Bansos
Menurutnya, sebanyak 23 juta lapangan kerja kemungkinan besar bisa terganti dengan adanya era metaverse ini.

Kendati demikian, kata dia, sekira 46 juta lapangan kerja baru akan hadir secara beriringan.

Adapun lapangan kerja baru tersebut khususnya berkaitan dengan artificial intelligence, blockchains dengan virtual reality, serta augmented reality.
Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Kabupaten Garut, Kecamatan Selaawi Terendam
Ia berharap generasi milenial dapat bergerak secara tepat sasaran dan dapat memanfaatkan segala kemungkinan yang muncul.

"Kita harus bergerak secara tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu agar apa yang diinginkan oleh teman-teman milenial ini mereka menjadi tuan rumah di negeri sendiri," kata Sandiaga Uno sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Sabtu, 15 Januari 2022.***

Editor: Usman Azis

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Apa? Honda Minta Maaf Pada Pembeli HR-V

Rabu, 25 Mei 2022 | 08:38 WIB

Jasad Balita Ditemukan Tidak Bernyawa

Sabtu, 21 Mei 2022 | 23:23 WIB

Kakek Kaya Nikahi Perempuan 19 Tahun

Jumat, 20 Mei 2022 | 15:34 WIB
X