• Minggu, 28 November 2021

Sigmund Freud Pakar Psikoanalisis yang di Kritik Muridnya Sendiri, Erich Fromm

- Selasa, 2 November 2021 | 22:05 WIB
Sigmund Freud (Instagram @sigmund.freud.official)
Sigmund Freud (Instagram @sigmund.freud.official)

Bogor Times - Sigmund Freud seornag pakar teori psikoanalisis, salah seorang raksasa ilmu pengetahuan modern namun dalam konteks ini Freud disebut sebagai anak durhaka karena secara jelas mengubah orientasi ilmu pengetahuan modern yang semula berporos pada kedaulatan rasio manusia menuju babak baru, yaitu "kematian" rasio manusia.

Dalam sudut pandang psikoanalisis, bukan rasio manusia, atau istilah teknisnya kesadaran, yang menentukan eksistensi manusia di muka bumi, melainkan sebaliknya, ketidaksadarannya. Bagi psikoanalisis, kesadaran hanyalah salah satu penyusun alam kejiwaan.

Dalam arti yang bersifat klinis, konsep Freud ini kurang memiliki ketepatan dan penetrasi terhadap konsepnya tentang penyakit mental.

Baca Juga: Preman Dalangi Kutipan Pedagang dan Parkir Ilegal, Polres Bogor Ungkap Jaringan Kejahatan

Besar kemungkinan konsep ini berkaitan dengan konsep masyarakat kelas menengah Eropa awal abad dua puluh yang dianggap Freud mampu melakukan fungsinya dengan baik, dan secara seksual maupun ekonomi memiliki kemampuan yang baik.

Namun banyak tokoh yang bertentangan dengan teori Freud, sejumlah tokoh psikologi yang semula berkarier di lini psikoanalisis, seperti Carl Jung dan Alfred Adler, menarik diri dari perspektif psikoanalisisnya Freud.

Baca Juga: PPK Desa Sukawangi Gelar Bazar UMKM Disambut Positif oleh Warga dan Wisatawan

Mereka menganggap Freud terlalu pesimis dengan kesehatan mental manusia, karena filsafat manusianya yang bercorak pesakitan.

Jung dan Adler kemudian menciptakan gerakan baru yang disebut psikologi individual dengan membuat pendasaran teoretis yang lebih optimistik terhadap kesehatan mental manusia.

Halaman:

Editor: Muhammad Syahrul Mubarok

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catatan Hati Seorang Guru

Jumat, 26 November 2021 | 02:53 WIB

Hakikat Prestasi Dalam Worldview Islam

Sabtu, 20 November 2021 | 23:09 WIB

Islam Dan Nasionalisme

Kamis, 18 November 2021 | 19:45 WIB

Lima Sebab dan Tiga Cara Menuntut Ilmu

Kamis, 18 November 2021 | 19:00 WIB

12 Zodiak Dari yang Penurut Sampai Pemberontak

Selasa, 9 November 2021 | 10:59 WIB

Kerinduan Seorang Hamba Kepada Rasulullah

Senin, 18 Oktober 2021 | 14:43 WIB
X