• Selasa, 29 November 2022

Inilah Adab Orang Tua pada Anak, Berdasarkan Nas

- Jumat, 30 September 2022 | 08:55 WIB
Anak (Azis/Bogor Times)
Anak (Azis/Bogor Times)

Bogor Times- Al-Qur'an menjelaskan, kedua orang tua bersusah payah sejak anak dalam kandungan dan berjasa dalam merawatnya sampai tumbuh dewasa. Tetapi orang tua juga mencari solusi yang baik terhadap anaknya.

Sayyid Abdullah Ba'alawi Al-Haddad dalam Kitab An-Nahsihud Diniyyah merupakan orang-orang tua untuk membantu anak mereka dalam berbakti kepadanya. Orang tua meski memiliki hak yang besar lebih disukai untuk lebih banyak memaafkan dan memberikan kemudahan bagi anak mereka agar anak-anak mereka tetap tergolong sebagai manusia yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

للوالدين ا لادهم لى المسامحة المضايقة لب القيام الحقوق انبة الاستقصاء لك ا الازمنة التي ل فيها البر اارون

Baca Juga: Kajian Tentang Aib, Apakah Istri Sembunyikan KDRT yang Harus Dilakukan Suaminya?

Baca Juga: Bolehkan Memukul Istri dalam Islam? Simak Dalilnya

Baca Juga: Putusan MK Terntang Judicial Review UU Minerba Diyakini Perkuat Oligarki Tambang

Baca Juga: Ada Apa Dengan Anggaran BSSN? Simaak Sindiran Bjorka hingga Kebocoran Data Diri Hinsa Siburian

Artinya, "Orang-orang tua lebih disarankan untuk membantu anak-anak dalam berbakti kepada mereka dengan pemaafan, tidak membuat anak-anak cemas dengan menuntut kewajiban, dan menyelidiki masalah tersebut terlebih dahulu di mana sedikit sekali kebaktian dan anak-anak yang berkati kepada orang tua dan kedurhakaan mewabah, dan banyak orang berbuat durhaka kepada orang tuanya," (Sayyid Abdullah Ba'alawi Al-Haddad, Nashaihud Diniyyah, [Indonesia, Darul Kutub Al-Arabiyyah: tanpa tahun], halaman 62 .

Manusia memang tidak selalu dapat memenuhi keinginan orang tuanya di samping anak juga memiliki hak individu yang berbeda pandangan dan sikap dengan pandangan serta sikap orang tua. Bahkan banyak manusia mengecewakan dan menyakiti hati orang tuanya. Tetapi orang tua yang bijak dan pemaaf akan mendapat ganjaran besar dari Allah SWT. Dengan dan sikap pemaaf, mereka dapat menyelamatkan anaknya dari dosa durhaka.

فإذا فعل ذلك وسامح أولاده سلمهم وخلصهم من اثم العقوق مما يترتب عليه من عقوبات الدنيا والآخرة وحصل له من ثواب الله وكريم جزائه ما هو أفضل وأكمل وخير وأبقى من بر الأولاد وقد قال عليه الصلاة والسلام رحم الله والدا أعان ولده على بره

Halaman:

Editor: Muhamad Rifki Fauzan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Tata Cara Shalat Jenazah Ghaib

Senin, 21 November 2022 | 22:10 WIB

1912 Unit Rumah Rusak, 3895 Warga Mengungsi

Senin, 21 November 2022 | 21:02 WIB
X