Meriahkan Hari Peduli Sampah Nasional 2022, Indocement Gelar Aneka Kegiatan Pengelolaan Sampah

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 14:20 WIB
Indocemen Gelar Kegiatan Pengelolaan Sampah (Dokumentasi Indocement)
Indocemen Gelar Kegiatan Pengelolaan Sampah (Dokumentasi Indocement)

Bogor Times– Puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 21 Februari dengan berbagai tema yang berbeda. Tema HPSN pada tahun 2022 ini yaitu “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”.

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) sebagai perusahaan yang concern terhadap lingkungan hidup serta berpartisipasi dalam acara HPSN melalui berbagai kegiatan, diantaranya Indocement unit Citeureup menyelenggarakan Webinar HPSN yang bertajuk “Fungsi Bank Sampah dalam Kelola Sampah dan Kurangi Emisi Guna Pengembangan Proklim serta Sekolah Adiwiyata di Desa Mitra Indocement ”.

Pelatihan tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 22 Februari 2022 melalui metode Daring.

Baca Juga: Ketua MUI Kota Bogor Tegaskan : ' Saya Tidak akan Maju Lagi Jadi Ketua'

Acara tersebut bertujuan untuk memotivasi para pegiat lingkungan dari Bank Sampah, baik dari Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Sekolah Adiwiyata di desa mitra Indocement, untuk terus konsisten dalam pengelolaan sampah dan edukasi ke masyarakat, serta melakukan pelaporan data Bank Sampah yang tercatat secara sistematis.

Kegiatan berlangsung selama 1 hari diikuti oleh 53 orang peserta yang berasal dari Bank Sampah KRL dan Sekolah Adiwiyata di 12 desa mitra Indocement unit Citeureup. Pelatihan terselenggara atas sinergi antara Indocement dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor dan Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI).

Berikut Narasumber Webinar HPSN, yaitu :
1. Dra. Surya Sumini (Sub Koordinasi Kemitraan dan Peran Serta Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bogor) membawakan materi mengenai “HPSN dan Fungsi Bank Sampah dalam Kelola Sampah dan Kurangi Emisi Guna Pengembangan Proklim serta Sekolah Adiwiyata”; dan Bambang Nugroho, SE. (Ketua Dewan Pengurus Daerah Kab. Bogor ASOBSI) membawakan materi “Pengenalan ASOBSI dan Aturan Bank Sampah, Fungsi Bank Sampah menuju pengembangan Proklim dan Sekolah Adiwiyata serta pelaporan yang cerdas dan menarik tentang Bank Sampah”.

Baca Juga: Fiqih speaker : Berangkat dari Kajian Dalil AlQur'an, Hadist, Ushul Fiqh, dan Bagaimana Semestinya

Selain beberapa narasumber tersebut, turut hadir dalam pelatihan tersebut Ade Yana Mulyana, SH. sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bogor yang mewakili DLH Kab. Bogor untuk memberikan sambutan terhadap acara Webinar tersebut. Diikuti oleh paparan best practice Asiyah dari BSU Pelita sebagai penerima Juara 1 Kategori Platinum dalam Indocement Bank Sampah Awards 2021 mengenai pengelolaan sampah.

Selain Webinar HPSN yang diselenggarakan Indocement Unit Citeureup, Indocement unit Cirebon turut mendukung HPSN 2022 melalui Webinar Budidaya Maggot BSF dan pendampingan Budidaya Maggot.

Dengan terselenggaranya rangkaian acara HPSN tersebut, diharapkan akan menginspirasi semakin banyak masyarakat dan perusahaan lainnya untuk peduli akan pengelolaan sampah, baik organik maupun non organik, sehingga akan tercapai pengelolaan sampah nasional yang baik, emisi nasional dapat berkurang, dan peningkatan Proklim di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Viral! Pemuda Tenteng Sajam di Bekasi Tertangkap Kamera

Mengenai Indocement
Indocement adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia. Saat ini Indocement dan entitas anaknya bergerak dalam beberapa bidang usaha yang meliputi pabrikasi dan penjualan semen (sebagai usaha inti) dan beton siap-pakai, serta tambang dan trass, dengan jumlah karyawan sekitar 5.000 orang. Indocement memiliki 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 24,9 juta ton semen. Sepuluh pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat; dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.***

Editor: Ahmad Fauzi

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

5 Doa Pilihan yang Cocok Dibaca Selama Ramadhan

Sabtu, 6 April 2024 | 06:00 WIB
X