Undang Ulama Kampung, Acara Tahun Baru Islam Desa Cogreg Dibanjiri Jamaah

- Senin, 8 Juli 2024 | 10:14 WIB
Ribuan peserta pawai obor se Desa cogreg padati jalan raya (Dokumentasi Bogor Times)
Ribuan peserta pawai obor se Desa cogreg padati jalan raya (Dokumentasi Bogor Times)

Bogor Times- Ribuan masa padati lapangan Desa Cogreg (Masjid) di wilayah RT 03/07, Dusun 2 Desa Cogreg, Kecamatan Parung pada 6 Juli 2024.

Warga yang terdiri dari delapan RW se Desa Cogreg itu memperingati malam Tahun Baru Islam 1446 H. 

Sebelum berkumpul, pada pukul 16.00 ata Ba'da Sholat Ashar, masa tersebut berkumpul di area Masjid Djamie Al Ikhlas Cogreg untuk berdoa bersama.

Baca Juga: Lambat, Sudah Lama Dihukumi Haram Pemkot Bogor Baru Nyatakan Perang Judol

"Pergantian hari dalam penanggalan Hijriah terjadi pada waktu Selesai Asar, karenanya kami ajak warga untuk doa bersama membaca doa Awal dan Akhir tahun," kata Ketua Pelaksana Gebyar Muharram Masjid Djamie Al Ikhlas, Firdaus pada Sabtu 16 Juli 2024.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua Ikatan Remaja Majelis IRDA ini menerangkan, setelah doa bersama masyarakat akan dikumpulkan kembali usia Sholat Isya untuk melakukan pawai Obor.

"Tradisi tahunan kami pawai Obor beriringan sholawat. Kali ini kami berkumpul bersama di Lapangan Desa Cogreg dan bergabung dengan acara Pemdes, MUD dan Kartar Desa Cogreg," kata Firdaus. 

Baca Juga: Antisipasi Pelanggaan Disiplin ASN, Pj Gubernur Jabar Beri Pembinaan Jajaran Pembok Bogor

Terpisah, Ketua Panitia Karang Taruna Desa Cogreg, Soni menerangkan, kegiatan pada malam puncak acara akan diisi oleh ceramah pada da'i lokal atau ulama-ulama kampung di Desa Cogreg dan penampilan Sholawat dari tim Rabana serta Hadroh Desa Cogreg.

'Kami tidak undang Habib, dengan kehadiran ulama-ulama kampung lingkungan kami jadi Damai, sejuk sekaligus kami mengedukasi para pemuda untuk mengingat jasa-jasa guru-guru ngaji di kampung mereka," ucapnya

Sangat miris, sambung Sony, jika mereka mengidolakan habib yang mereka kenal melalui medsos namun melupakan guru yang mengajarkan mereka mengaji.

Baca Juga: Stimulus Warga Untuk Cintai Lingkungan, Indocement Buat Lubang Biopori Hingga Bagi-bagi Bibit Pohon Buah

"Kami berterimakasih pada Pemerintah Desa Cogreg, MUD dan para pengurus IRMAS se Desa Cogreg yang telah mensupport kegiatan ini," ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Cogreg, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Majelis Ulama Desa (MUD) Cogreg dan seluruh ketua Kepala Dusun, RT serta RW. ****

Editor: Saepulloh

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X