Mengenal Asinan Jagung Bakar, Makanan Khas Bogor Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

- Jumat, 28 Juni 2024 | 05:29 WIB
Asinan Jagung Bakar Khas Bogor (Ananda Ramadhani/Bogor Times)
Asinan Jagung Bakar Khas Bogor (Ananda Ramadhani/Bogor Times)

Bogor Times-Bogor, kota yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga menyimpan kekayaan kuliner yang tak kalah memikat. Dari hidangan tradisional yang melegenda hingga jajanan kekinian yang menggoda, Bogor menawarkan petualangan rasa yang tak terlupakan bagi para pecinta kuliner.

Dari banyaknya makanan khas bogor yang sangat populer contohnya ada soto mie bogor dengan kuah kaldu gurih dengan isian mie kuning dan daging sapi yang empuk yang selalu menjadi primadona. Doclang, perpaduan jeroan sapi yang direbus dengan bumbu kacang yang kaya rasa, menawarkan sensasi pedas gurih yang unik. Bagi pecinta manis, Dodol Bogor dengan teksturnya yang legit dan rasa manisnya yang pas, menjadi camilan wajib untuk dibawa pulang.


Tak hanya hidangan tradisional, Bogor juga memanjakan lidah dengan jajanan kekinian yang tak kalah menggoda. Roti Unyil, roti mungil dengan berbagai isian manis dan gurih, menjadi camilan favorit yang selalu ramai diburu. Lumpia Basah, dengan isian rebung dan tauge yang segar dan saus kacang yang gurih, selalu menggoda para pencinta kuliner. Bagi pecinta pedas, Sate Taichan dengan daging ayam yang empuk dan sambal pedas yang nendang, siap membakar lidah.

Baca Juga: Mitra Chick-a-Chick Laporkan PT Raja Kuliner ke Polisi

Baca Juga: Kuliner Korea ada di Pantai Bogor Wana Griya

Baca Juga: Temukan Kuliner Citarasa Khas Surupan Cibadak di Kedai Nazj 895
Bogor juga menawarkan berbagai pilihan kuliner unik yang tak terduga. Contohnya cungkring, hidangan yang terbuat dari jeroan sapi yang direbus dan digoreng, disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas, menawarkan sensasi rasa yang tak biasa. Tak hanya menyimpan kekayaan kuliner yang populer, Kota Bogor juga menawarkan berbagai hidangan khas yang jarang diketahui oleh banyak orang salah satunya adalah asinan jagung bakar.


Dari Namanya saja terdengar asing dan jarang diketahui, asinan jagung bakar pertama kali diciptakan oleh Pak Sabur di Bogor pada tahun 1968. Awalnya, Pak Sabur hanya menjual asinan buah dan sayur biasa. Namun, suatu hari Pak Sabur mencoba bereksperimen dengan memakai jagung bakar sebagai bahan untuk membuat asinan dan hasilnya sangat memuaskan dan banyak yang tertarik terhadap asinan jagung bakar milik Pak Sabur sehingga sejak saat itu, banyak digemari oleh kalangan masyarakat pecinta asinan Bogor. Asinan jagung bakar ini sangat berbeda dari asinan pada umumnya yang terbuat dari campuran sayur dan buah.


Asinan jagung bakar ini berbahan dasar dari jagung manis yang dibakar terlebih dahulu kemudian disisir dan dicampur dengan irisan timun, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, ebi sangrai, dan kerupuk. Asinan jagung bakar disiram dengan kuah berwarna orange yang terbuat dari campuran air asam jawa, gula merah, dan garam.

Baca Juga: Kuliner Bogor Lezat, Soto Mie SiBoy, Cita Rasa Nusantara Serat Rempah

Baca Juga: Kuliner Korea ada di Pantai Bogor Wana Griya

Baca Juga: Temukan Kuliner Citarasa Khas Surupan Cibadak di Kedai Nazj 895
Keunikan dari asinan jagung bakar terletak pada bahan dan rasanya. Jagung bakar yang digunakan memberikan tekstur yang berbeda dari asinan pada umumnya. Dan juga asinan jagung bakar ini memiliki perpaduan rasa antara asam, segar, manis, gurih dan juga pedas. Dengan perpaduan rasa tersebut menciptakan rasa yang sempurna, membuat asinan jagung bakar menjadi salah satu kuliner favorit di Bogor.


Bagi anda, yang berminat untuk membuat asinan jagung bakar sendiri dirumah ada beberapa tips dan solusi yang dapat dilakukan, berikut ini adalah bahan-bahan dan tata cara untuk membuat asinan jagung bakar.

Yang pertama menyiapkan 3 buah jagung manis, 2 buah mentimun yang telah dipotong-potong dan 100 gram kacang tanah goreng yang sudah dikupas. Dan untuk bumbu asinannya yaitu terdapat 50 gram nanas yang telah dihaluskan, 50 gram wortel yang telah dihaluskan, 100 gram gula merah yang disisr halus, 100 ml air asam jawa, 100 ml air jeruk nipis, 100 ml cuka putih, 50 gram cabai merah keriting yang sudah diiris tipis, 20 gram cabai rawit yang sudah diiris tipis, 1 sdm garam dan 1 sdt gula pasir.


Selanjutnya untuk Langkah-langkah membuatnya yaitu:
Pertama, membuat bumbu asinan dengan cara campurkan semua bahan bumbu asinan dalam panci, aduk rata. Masak dengan api kecil hingga gula merah larut dan bumbu mengental. Angkat dan biarkan dingin.


Kedua, menyiapkan jagung bakar dan mentimun: Bakar jagung manis hingga matang, kemudian pipil. Potong mentimun menjadi potongan kecil sesuai selera.
Ketiga mencampurkan asinan ke dalam wadah besar, campurkan jagung bakar, mentimun, dan kacang tanah goreng. Tuangkan bumbu asinan dan aduk rata hingga semua bahan terlapisi bumbu.

Halaman:

Editor: Usman Azis

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X