Mahasiswa Universitas Djuanda Bogor Sosialisasi tentang Jurnalistik di SDN Lawang Gintung 04

- Selasa, 18 Juni 2024 | 15:07 WIB
Foto dokumentasi Mahasiswa Universitas Djuanda
Foto dokumentasi Mahasiswa Universitas Djuanda

Bogor - Mahasiswa Program Studi Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) menyelenggarakan kegiatan pengabdian Masyarakat.

Kegiatan yang di lakukan oleh para mahasiswa ini berkaitan dengan sosialisasi edukasi yang di sampaikan mengenai jurnalistik dan cara penyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat.

Dengan tema Mengenal Dunia Jurnalistik di SDN Lawang Gintung 04 Bogor Selatan, Jawa Barat pada Jumat (14/06/2024).

Baca Juga: Pelayanan di Kecamatan Parung Sangat Buruk, Membuat Masyarakat Geram

Kegiatan pengabdian masyarakat ini di ketuai oleh Xeviola Rhytma Jazzyra, yang beranggotakan Nina Rosiana, Anna Nur Aulia, Firman Maulana, Siti Silmi Silviah, Zikra Miftahul. Nazalla Vidya Marylayza, Laila Fitria Rahma, Meylita Sekar Asrimulya, M. Fadıl Kahfi, M. Nabil Lazuardy.

Kegiatan ini mengajak 20 siswa kelas 6 untuk meningkatkan pengetahuan tentang jurnalistik dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari. 

Tujuannya adalah memberikan pemahaman mendalam tentang siapa Jurnalis itu.

Baca Juga: Cegah Stunting, LSKA Yataama Cogreg Perjuangkan Sanitasi 

Firman dan Anna menerangkan Jurnalis yaitu seseorang yang mencari berita dan menyampaikannya melalui media digital dan media cetak, para siswa juga diberi edukasi dalam membedakan berita fakta dan hoax.

"Kegiatan kayak gini yang dibutuhkan siswa kelas 6 karena mereka sudah dinyatakan lulus dan sudah cukup paham untuk belajar literasi digital melalui pemaparan materi jurnalistik supaya mereka ngerti gimana cara berbahasa yang baik," ujarnya ibu Yustini selaku kepala sekolah SDN Lawang Gintung 04.

Antusias tinggi para siswa kelas 6 selama rangkaian acara diselenggarakan dalam sesi tanya jawab, dan praktik live report menjadi hal yang sangat menarik perhatian bagi semua tim pengabdi. Asifa, Haikal, Tobi dan Muti siswa yang paling aktif saat pemaparan materi tentu mendapatkan apresiasi dari semua tim pengabdi.

Baca Juga: PCNU HADIRI KONFERCAM MWCNU KEMANG DAN PARUNG

"Siswa saya itu sangat aktif semua pemberani dan percaya diri," kata Sherly selaku wali kelas mereka.

Sherly menerangkan bahwa seluruh kegiatan pengabdian berjalan cukup baik, dengan materi yang mudah di terima dan dimengerti oleh para siswa terlihat jelas dari input dan output yang telah didapatkan, edukasi ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, tentang seperti apa jurnalis.

Halaman:

Editor: Saepulloh

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X