Pembuatan Peta Administrasi Sebaran Petani Ikan dan batas RT / RW dan Desa Cogreg oleh TIM KKN-T UIKA Bogor

- Jumat, 1 September 2023 | 15:26 WIB
Gambar 1 Prosesi Penyerahan Peta Administrasi kepada Sekretaris Desa Cogreg  (Rilis/Mahasiswa)
Gambar 1 Prosesi Penyerahan Peta Administrasi kepada Sekretaris Desa Cogreg (Rilis/Mahasiswa)

Bogor Times- Desa Cogreg Parung, Kabupaten Bogor (31/10/2023). Desa Cogreg, merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bogor dan saat ini belum memiliki batas administrasi yang memadai, Oleh karena itu dalam mengembangkan fasilitas dan kebutuhan perangkat desa.

Maka, tim mahasiswa KKN-T 28 UIKA berinisiatif untuk membuat peta sebaran wilayah petani ikan dan batas administrasi RT RW dan Desa Cogreg. Dengan adanya peta administrasi tersebut dapat mempermudah untuk mengakses informasi tentang wilayah Desa Cogreg.


Dalam hal teknis pemberkasan data, Desa Cogreg sudah memiliki peta administrasi, namun hanya menunjukkan foto udara dan batas administrasi wilayah Desa Cogreg. Foto udara yang digambarkan kurang jelas untuk masyarakat yang membaca dan memahami nya.

Baca Juga: Keluhan wisatawan asing dorong perbaikan Kepulauan Togean

Baca Juga: KPK Telusuri Modus Pencucian Uang Lukas Enembe

Baca Juga: PKB Pindah Koalisi, Demokrat Kecewa

Melihat kondisi tersebut, sekelompok mahasiswa tim KKN-T 28 Universitas Ibn Khaldun Bogor membantu membuat peta administrasi sebaran petani ikan, wilayah RT RW dan Desa Cogreg. Diharapkan program pemetaan infografis ini dapat memberikan gambaran tentang jumlah dan lokasi petani ikan dengan lebih spesifik serta mengetahui batas administrasi rt rw di Desa Cogreg.

Pembuatan Peta Administrasi melibatkan beberapa Langkah. Tahap pertama yaitu, wawancara yang dilakukan bersama perangkat desa dan kunjungan langsung ke lapangan.

Informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan perangkat desa, dilanjutkan dengan survey ke lokasi petani ikan pada tahap kedua. Setelah itu tahap yang dilakukan untuk tahap ketiga yaitu, pengolahan data yang sudah diperoleh dari survey lapangan dengan melakukan konversi file kml to layer dan menambahkan shapefile tutupan lahan jalan,sungai,kebun,sawah, dan batas administrasi wilayah, serta membuat layout map yang terdiri dari judul peta, arah kompas, skala, identitas peta, dan nama lembaga,Dan di export ke file pdf. Selanjutnya poster peta administrasi sebaran petani ikan dan batas wilayah RT RW di Desa Cogreg akan dicetak. Tahap terakhir, yaitu penyerahan peta administrasi dari yang sudah dibuat.

Baca Juga: Raffi Ahmad: Sukses Tidak Datang dengan Mudah

Baca Juga: Sandiaga Uno Deg-degan Menjelang Pernikahan Putri Pertamanya

Baca Juga: Sandiaga Uno dan Yasonna Laoly Dukung Golden Visa Indonesia
Penyerahan Peta Administrasi desa dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2023. Penyerahan dilakukan di Kantor Desa Cogreg dengan Bapak Hasim sebagai sekretaris Desa Cogreg mengatakan bahwa, “Terima kasih banyak atas kontribusi yang sudah dikerjakan di Desa Cogreg terkhusus dalam membuat Peta Administrasi sebaran petani ikan, batas wilayah Rt Rw dan desa. Semoga bisa dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Cogreg sebagai pusat informasi."

cc. Shofi Hanifatunnisa 

Editor: Rajab Ahirullah

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X