Meriahkan Maulid, Santri Cogreg Adu Kemampuan Baca Nadhom

- Kamis, 28 September 2023 | 12:04 WIB

Bogor Times- Ada yang berbeda dari peryaan Maulid Nabi Muhammad SAW satu ini. Penyelengaraan hari besar umat islam itu dilaksanakan oleh santri Majelis Taman Baca Anak Sholeh Masjid Jami Al Iklas Cogreg dengan adu keterampilan membaca Nadhom (rangkaian kaidah ilmu yang dibaca dengan nada) di Masjid Jami Al Ikhlas Cogreg, RT 03/07 Dusun 02, Desa Cogreg, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor pada Rabu 27 September 2023.

Mengusung tema "Maulid Nabi Muhammad Untuk Faham Cinta (UFC)" para santri saling untuk gigi kebolehan melantunkan nadzom kitab Hidayatus Syibyan dan Aqidatul Awal.

"Kitab ini salah satunya berisi ilmu Tajwid. Kenapa kitab ini? karena jika kita cinta nabi maka harus juga mencintai Al Quran, dan membaca Al Quran wajib dengan tajwid yang benar," kata Ketua Panitia, Arya Sena pada Kamis 28 September 2023.

Baca Juga: Anggota Polsek Sukasari Dilaporkan Minta Uang ke Korban Begal Motor

Selain adu keterampilan melantunkan nadhom ilmu tajwid, dalam acara tersebut juga diisi denga lomba cerdas cermat. "Cerdas cermatnya berisi soal sejarah nabi, Ilmu Tajwid dan seputar persoalan wawasan keagamaan," ucapnya.

Lebih lanjut Sena menerangkan, rangkaian acara tersebut juga terdapat pembacaan sholawat dan santunan yatim. Menurutnya, kegiatan tersebut berkerjasama dengan Dewan Kemakmuran Masjid Jami Al Ikhlas Cogreg.

Kepala Dusun 02 Desa Cogreg, Mukhlis menerangkan kegiatan majelis taklim sangat membantu kinerja pemerintah dalam menjaga tradisi keagamaan yang turun temurun sudah ada.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Belum Beri Respons Ajakan Puan Maharani

"Pemerintah juga berperan untuk menjaga tradisi baik dimasyarakat. Kegiatan ini merupakan budaya. Untuk di kalangan orang tua , pemuda dan remaja masih terus terjaga," ucapnya.

Tak hanya itu, aktifitas kegiatan hari besar Islam semisal ini dapat menjadi alternatif dan solusi dalam mengatasi budaya buruk. "Dengan sibuk kegiataan agara maka generasi pastinya akan terjauh dari budaya buruk," pungkasnya.

Untuk diketahui, tidak sedikit warga melaksanaan perasaan maulid pada Rabu 27 September 2023. Meskipun berdasarkan kalender, peringatan Maulid Nabi 2023 bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 Hijriah.****

 

Editor: Usman Azis

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Gempar, Diduga Dosen Cabul Resahkan Mahasiswa UIKA

Senin, 2 Oktober 2023 | 13:39 WIB

Cogreg Kekeringan, Warga Berebut Bantuan Air

Kamis, 28 September 2023 | 22:12 WIB
X