Tangkis Issu SARA dan Hoaks, Panwaslu Kecamatan Kemang Sinergis dengan Media dan Pemuda

- Senin, 4 Desember 2023 | 14:12 WIB
Panwascam Kemang bersama pemuda. (Uci/Bogor Times)
Panwascam Kemang bersama pemuda. (Uci/Bogor Times)

Bogor Times- Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PPPS) Panwaslu Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, Muhamad Lutfi Jalaludin mengajak Media dan Pemuda untuk bersama-sama menangkal hoax dan isu SARS Pemilu 2024, Senin (04/12/2023).

Kegiatan tersebut disampaikan dalam acara Dialog Media yang bertema "Peran Strategis Media Pada Pemilu 2024 sebagai Partner Pengawas Pemilu dalam menangkal isu sara dan Hoaks ", bersama dengan rekan-rekan dari KNPI Kecamatan Kemang, di Sekretriat Panwaslu Kecamatan Kemang, Perum Grand Java Blok E-11 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh PKD Se-Kecamatan Kemang , Kasi Trantibum Kanit Pol PP Ibrahim., S.Pd , KNPI Kecamatan Kemang dan beberapa OKP tersebut, Lutfi menyampaikan bahwa isu hoax dan isu SARA kerap terjadi pada Pemilu-pemilu sebelum nya, juga berpotensi akan terjadi pada Pemilu 2024 ini.

“Pemilu 2024 yang sudah pada tahapan kampanye ini tentu hoax dan ujaran kebencian mulai bermunculan. Kita harus ketahui bersama ciri-ciri berita hoax di antaranya menciptakan kecemasan, kebencian, permusuhan atau perpecahan, yang mana berita tersebut bersumber dari media yang tidak jelas, yang tidak bisa dimintai klarifikasi atau tanggungjawab, pesannya sepihak, memanfaatkan fanatisme, atau nama ideologi atau agama, judul pengantar tidak cocok dengan isi, tampilan judul bersifat provokatif dan minta supaya dishare atau diviralkan,” jelas Lutfi

Lutfi juga mengajak kepada rekan-rekan Media untuk bekerjasama menangkal berita Hoax dan Isu SARA. Karena media merupakan salah satu sumber informasi bagi masyarakat.

“Kami berharap kepada Media mampu menyajikan informasi yang tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras), eksploitasi dan politisasi SARA agar terciptanya Pemilu 2024 yang Damai dan Berintegritas, ' pungkasnya.

Senada dengan Panwaslu Kecamatan Kemang, Abdul Jalil Zein Ketua KNPI KNPI Kecamatan Kemang, siap mewujudkan Pemilu 2024 yang damai tanpa adanya politik identitas, isu SARA dan Hoax yang dapat memecah kerukunan yang sudah terbina di Kecamatan Kemang.

"Sejatinya Pemilu adalah hajat bersama, karenanya sudah menjadi kewajiban kita para pemuda khususnya untuk menciptakan Pemilu yang damai & berintegritas di Kecamatan Kemang khususnya," Tukas Jalil.

Editor: Usman Azis

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempar, Diduga Dosen Cabul Resahkan Mahasiswa UIKA

Senin, 2 Oktober 2023 | 13:39 WIB

Cogreg Kekeringan, Warga Berebut Bantuan Air

Kamis, 28 September 2023 | 22:12 WIB
X