Wujudnya Prinsip Islam dengan Toleransi

- Minggu, 22 Januari 2023 | 11:15 WIB
Gambar Ilustrasi Simbol Toleransi Internasional (Freepic.com)
Gambar Ilustrasi Simbol Toleransi Internasional (Freepic.com)

Bogor Times- Dalam terminologi Islam, istilah yang dekat dengan kerukunan umat beragama adalah ‘Tasamuh’ yang berarti toleransi. Konsep toleransi beragama dalam Islam bukanlah membenarkan semua ajaran agama dan keyakinan yang adam karena ini merupakan persoalan akidah dan keimanan yang harus dijaga dengan baik oleh setiap muslim.

 Toleransi antar umat beragama hanya menyentuh ranah sosial yaitu mengakui keberagaman keyakinan dan kepercayaan di masyarakat tanpa saling mencampuri urusan keimanan, kegiatan, tata cara dan ritual peribadatan agama masing-masing.

Manusia adalah makhluk sosial yang diciptakan berbeda-beda. Dalam firman Allah disebutkan.

Baca Juga: Pc PMII Kabupaten Bogor Gelar Goes to Pesantren
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ


Artinya: Wahai manusia! sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Al Hujurat: 13)

Dalam Kitab Al-Mawa'izh Al-'Usfuriyah berisi nasihat-nasihat ringan, Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menukil salah satu hadis masyhur yang populer di kalangan penuntut ilmu.

Baca Juga: Proyek Samisade Dikebut, PMII: Hati-hati, itu Berpotensi Jadi Temuan BPK

عن عبد الله بن عمر رضي الله تعالى عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : الراحمون يرحمهم الرحمن، ارحموا من في الأرض يرحمكم من في السماء.


Artinya: Dari Abdullah bin Umar RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Orang-orang yang pengasih akan dikasihi Allah Sang Maha Pengasih. Kasihilah siapapun di bumi maka yang di langit akan mengasihimu”.

 Sebagai ketetapan Tuhan, pernyataan ini tentu harus diterima. Mereka yang tidak bisa menerima adanya keragaman sama dengan mengingkari ketetapan Tuhan.

Baca Juga: Asyik Ngobrol di Pinggir Rel KAI, Dua Remaja Renggang Nyawa
Tidak ada paksaan dalam beragama

Berdasar kebebasan nurani lahirlah kebebasan beragama, sebab sejak dini Al-Qur’an dan Sunnah menegaskan bahwa keberagaman harus didasarkan pada kepatuhan yang tulus kepada Allah. Al-Qur’an menjelaskan:


لا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لا انْفِصَامَ لَهَا وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ


Artinya: Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu Barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka Sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 256)


Dalam menafsirkan ayat ini Ibnu Katsir menyatakan: “Janganlah kalian memaksa seorangpun untuk masuk Islam. Sebab, agama ini telah jelas semua ajaran dan bukti kebenarannya.

Halaman:

Editor: Rajab Ahirullah

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Keharaman Penentuan Harga hingga Kenaikan Bahan Pokok

Selasa, 27 Februari 2024 | 10:43 WIB

Rukun Jumat Menurut Ulama Imam Syafi'i

Jumat, 2 Februari 2024 | 12:00 WIB

Bolehkan Sekedah ke Orang Kafir? Simak Dalilnya

Kamis, 1 Februari 2024 | 14:35 WIB

Etika Perdebatan Menurut Al Ghozali

Kamis, 1 Februari 2024 | 13:22 WIB

Cara Gampang Menghafal Al Quran

Senin, 29 Januari 2024 | 13:58 WIB

Kisah Arab Badui dan Anjing Kencingi Masjid

Rabu, 24 Januari 2024 | 08:55 WIB

Bacaan Sholat Lengkap, Orang Islam Wajib Hafal

Selasa, 23 Januari 2024 | 05:55 WIB

Inilah Cara Sholat Ghoib

Selasa, 23 Januari 2024 | 05:51 WIB

Inilah Spirit Memuliakan Bulan Rajab

Senin, 22 Januari 2024 | 07:05 WIB

Pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrad dan Fiil Mazid

Selasa, 19 September 2023 | 07:05 WIB

Sholat Taubat, Inilah Keutamaannya

Senin, 18 September 2023 | 23:50 WIB

Maulid Nabi Bukan Bidah Terlarang, Simak Penjelasannya

Senin, 18 September 2023 | 23:32 WIB

Simak Keutamaan Bulan Rabiul Awal 1445 H

Senin, 18 September 2023 | 23:29 WIB

Sejarah Penyusunan Kalender Hijriyah

Rabu, 13 September 2023 | 11:34 WIB
X