Mahasiswa Magister PAUD Universitas Pancasakti Gelar Pelatihan dan Pendampingan Guru Paud

- Senin, 13 Maret 2023 | 12:07 WIB
Aktifitas KKM Mahasiswa Majister Universitas Pancasila (Bogor Times)
Aktifitas KKM Mahasiswa Majister Universitas Pancasila (Bogor Times)

Bogor Times, Cikarang– Beberapa Mahasiswa Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Pancasakti Bekasi memberikan pelatihan dan pendampingan pembelajaran kepada guru paud yang tergabung dalam IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Cikarang Timur, Bekasi, Jawa Barat.

Layaknya guru PAUD,  para mahasiswa melakukan pelatihan dan pendampingan pembelajaran yang bermakna melalui bermain bagi anak usia dini untuk guru PAUD.

Serangkaian kegiatan itu merupakan  Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlangsung mulai tanggal 11-18 Maret 2023 di RA Senyum Muslim, Cikarang Timur, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Jaga Kondusifitas Jelang Pilkades Serentak, Polres Bogor Gelar Patroli Gabungan

Kegiatan PKM tersebut diadakan oleh Mahasiswa Magister PAUD Universitas Pancasakti Bekasi 2023 kelompok 7, yang beranggotakan 9 orang, diantaranya Dr. Luluk Mariyam, Rahmi Utami, S.Pd., Dian Puspita, S.E., Dra. Psi Enny Purwati, Neneng Yulianah, S.Pd., Maria Marlena S.Pd., Dewie Hartati, S.Pd., Nureda, SP., dan Arini Susanti, S.Pd., dengan Dosen Pembimbing Dr. Lilis Suryani, M.Pd.

Ketua Panitia kelompok 7 Mahasiswa Magister PAUD Universitas Pancasakti Bekasi 2023, Neneng Yulianah berpesan agar pembelajaran kepada anak usia dini, dirancang dengan pembelajaran yang bermakna dengan mempertimbangan kebutuhan secara holistik.

“Kami mengadakan PKM 2023 kepada guru IGRA Cikarang Timur, Bekasi, dimana Pelatihan dan pendampingan pembelajaran yang bermakna bagi anak PAUD dengan mempertimbangkan kebutuhan anak secara holistik (cipta, rasa, karsa, raga) sesuai dengan pencapaian tujuan pembelajaran dan pemahaman karakteristik anak didik,” ucapnya pada Sabtu 11 Maret 2023 di RA Senyum Muslim.

Baca Juga: Penjelasan Kasat Reskrim Polres Bogor Terkait Penanganan Kasus Pencabulan di Dramaga Kabupaten Bogor*

“Peran pendidik adalah sebagai fasilitator yang memberikan dukungan, memantik dan mengunci konsep yang ditemukan anak dari kegiatan eksplorasi lingkungan, “ tambahnya. 

Dr. Lilis Suryani, M.Pd., juga berpesan Bahwa kegiatan PKM Mahasiswa Magister PAUD kelompok 7 Universitas Pancasakti 2023 ini merupakan implementasi dari mata kuliah yang telah diajarkan.

“Kegiatan ini adalah implementasi dari mata kuliah yang sudah di tempuh oleh mahasiswa dan di aplikasikan ke masyarakat semoga sangat bermanfaat buat masyarakat khusunya guru PAUD,” tuturnya.

Baca Juga: Edukasi Anak Padamkan Api, Paud Bintang Kecil Parung Gandeng Dinas Damkar Kabupaten Bogor

“Dengan tema bermain dengan bermakna untuk guru-guru RA dan tujuannya agar dapat mengaplikasikan kepada anak usia dini bahwa tidak Calistung (Membaca, Menulis, Menghitung) saja untuk belajar di usia dini,”tambahnya.

Sebagai informasi kegiatan PKM ini berkolaborasi dengan PC-IGRA Cikarang Timur yang meliputi wilayah Kedungwaringin, Cikarang timur dan Pebayuran.

Turut hadir pula mendukung kelancaran acara PKM tersebut, yakni Pengawas Madrasah Hajah Endeh Hasanah. MM, Ketua KPAD Kabupaten Bekasi Abi Dadang Lesmana. MM, tim FMKBS (Forum Masyarakat Kabupaten Bekasi Sehat), Ketua RT 01/02, Cikarang timur-Bekasi Tatang Sumarna dan Dewan Pendidikan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.****

Halaman:

Editor: Rajab Ahirullah

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Gempar, Diduga Dosen Cabul Resahkan Mahasiswa UIKA

Senin, 2 Oktober 2023 | 13:39 WIB

Cogreg Kekeringan, Warga Berebut Bantuan Air

Kamis, 28 September 2023 | 22:12 WIB
X