1912 Unit Rumah Rusak, 3895 Warga Mengungsi

- Senin, 21 November 2022 | 21:02 WIB
Gempa Cianjur (Pikiran Rakyat)
Gempa Cianjur (Pikiran Rakyat)

 

Bogor Times-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat delapan kota kabupaten di Jabar turut merasakan guncangan gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Senin 21 November 2022 pukul 13.21 dengan kekuatan magnitudo 5.6 di Koordinat : 6.84LS-107.05 BT 10 Barat Daya Cianjur.

Koordinator Pusdalops PB BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat mengatakan, kedelapan wilayah tersebut yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor,Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kota Bogor, Kota Bekasi, dan Kota Sukabumi.

Untuk sementara dampak kerusakan di Cianjur mencapai 1912 unit rumah, 4 Unit Fasilitas Kesehatan (RS), 8 Unit Gedung Pemerintah, 10 Unit fasilitas pendidikan, 3 Unit Sarana ibadah, 1 unit toko, 1 unit cafe, 1 unit jembatan, Jalan Provinsi di sekitar tapal Kuda tertutup material longsor.

Baca Juga: Data PMI Cianjur: 20 Orang Meninggal Dunia Akibat Tertimpa Bangunan, Gempa Susulan Masih Terjadi

"Di Kabupaten Sukabumi, 127 Unit rumah rusak, 4 unit fasilitas pendidikan, 1 unit sarana ibadah," kata Hadi.

Di Kabupaten Bogor, 11 unit rumah rusak, di Kabupaten Bandung Barat 1 unit rumah rusak. Lainnya di Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Sukabumi masih pendataan. Data-data di atas pun masih akan berkembang.

Untuk korban jiwa, di Kabupaten Cianjur tercatat 53 korban jiwa, 78 luka-luka dan 3895 Jiwa mengungsi.

Adapun upaya penanganan yang saat ini sedang berjalan yaitu, BPBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kab. Cianjur, BPBD Provinsi Jawa Barat Melakukan pendampingan ke Kabupaten Cianjur, BPBD Kab. Cianjur melakukan assessment di lokasi kejadian, BPBD Kab. Cianjur berkoordinasi dengan aparat setempat.***

Editor: Rajab Ahirullah

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

5 Doa Pilihan yang Cocok Dibaca Selama Ramadhan

Sabtu, 6 April 2024 | 06:00 WIB
X