Prihatin Kenaikan Harga Sembago, Revindra Airlangga Soroti Kinerja Bulog

- Sabtu, 18 November 2023 | 06:45 WIB
Ravindra bersama warga. (Wahid/Bogor Times)
Ravindra bersama warga. (Wahid/Bogor Times)

Bogor Times-Salah satu kunci stabilitas harga beras adalah stok cadangan yang cukup dan intervensi pasar. Karena itu, Bulog mempercepat pengadaan stok cadangan dan melakukan intervensi pasar untuk stabilkan harga Sembako. Demikian dikatakan Ravindra Airlangga, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, di sela-sela kunjungan kerjanya di kelurahan Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis, 16 November 2023.

Mendengar keluhan warga tentang harga-harga kebutuhan pokok yang mahal seperti beras, Ravindra Airlangga menjelaskan bahwa penurunan harga sembako dilakukan melalui pengadaan stok cadangan di Bulog. Dengan kapasitasnya sebagai anggota DPR Komisi IV yang membidani pertanian, pihaknya telah meminta Bulog mempercepat stok cadangan dan melakukan intervensi pasar. Ravindra menyatakan bahwa saat ini target intervensi pasar Bulog sedang meningkat.

Baca Juga: Meriahkan Hari Bangunan Indonesia 2023, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Gelar Turnamen Futsal

Dengan intervensi pasar dan pengadaan stok cadangan yang telah dipercepat, Ravindra memprediksi sebelum pergantian tahun, harga sembako kemungkian besar sudah stabil.

“Kemungkinan sebelum tahun 2023 berakhir, harga sembako sudah terkendali. Komisi 4 terus meminta Bulog segera melakukan intervensi pasar dan memastikan cadangan beras cukup,” tegasnya.

Lebih jauh, anggota DPR yang kembali maju dari Dapil Jabar V yang meliputi Kabupaten Bogor itu menyatakan bahwa salah satu kunci kestabilan harga adalah cadangan beras yang cukup.

Baca Juga: Mengusung Tema Kaderisasi PC PMII Kab Bogor Komitmen Untuk Memperkokoh Kaderisasi.

Pada dialog dengan sekitar 150 warga itu, Ravindra juga menjawab persoalan layanan kesehatan yang disampaikan oleh salah satu warga. Ravindra mengingatkan bahwa Komisi IV DPR memiliki fokus pada program lingkungan hidup dan pertanian. Namun, yang bisa dilakukan adalah mengirim klinik keliling untuk membantu pengecekan kesehatan. Dia menyatakan keluhan warga tentang kesehatan mungkin dibantu dengan cara menggerakkan klinik keliling.

Ravindra sendiri adalah salah satu penggagas dan penggerak Yellow Clinic. Yellow Clinic adalah program kesehatan Partai Golkar yang dibuat untuk membantu penanggulangan kesehatan terutama di masa Covid. Ada satu juga penerima vaksin yang diinisiasi Yellow Clinic. Program kesehatan tersebut sampai sekarang masih berjalan dan semakin berkembang.

Secara berkelakar, Ravindra mengaku punya sedikit pengalaman di bidang kesehatan ketika dirinya kuliah di fakultas kesehatan. Tapi bertahan hanya satu hari.

Baca Juga: Rektor Univesitas Nahdlatul Ulama Indonesia Tidak Menjaga Netralitasnya menjelang pemilu 2024.

“Karena ngeliat darah pingsan,” kelakar peraih gelar Master dari John Hopkins University, Amerika Serikat, tersebut.

Menjawab pertanyaan tentang penanganan sampah, Ravindra menyatakan bahwa anggaran KLHK sudah tutup untuk periode 2023. Namun tahun depan, akan ada program penanganan sampah. Dia meminta warga mengajukan program terkait penanganan sampah, misalnya pengadaan alat angkut sampah keliling. Dia menyatakan beberapa alat angkut sampah sudah disalurkan di Cibinong. Dirinya berharap bahwa semua bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk bisa dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Di hari yang sama, Ravindra Airlangga juga melakukan kunjungan kerja ke petani dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kampung Cirohani, Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor. Kunjungan kerja Ravindra ini bertujuan untuk memahami persoalan yang dihadapi masyarakat desa Tugu Selatan atau kampung Cirohani secara khusus.

Dalam kesempatan ini, Ravindra berdialog dengan warga untuk mendengarkan tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh warga. Selain itu, pihaknya juga menampung masukan dan harapan warga untuk legislative, khususnya komisi IV DPR RI. Antara lain tentang bagaimana warga bisa bersinergi dengan PTPN. Ravindra berjanji untuk membawa aspirasi warga ke pengambil kebijakan di lingkungan PTPN.

Halaman:

Editor: Usman Azis

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Gandeng Pemuda, PMII INAIS Gelar Pesantren Kilat

Minggu, 31 Maret 2024 | 16:13 WIB
X